Tips Merawat Mobil

Mobil merupakan alat transportasi yang saat ini banyak digunakan oleh banyak orang untuk dijadikan kendaraan sehari-hari untuk beraktivitas. Dengan penggunaan setiap hari, tentunya dibutuhkan perawatan mobil yang maksimal agar tetap prima.

Tips Merawat Mobil
bizlaw.md

Banyak dari kita hanya mengandalkan bengkel sebagai  tempat perawatan mobil yang dilakukan satu bulan sekali. Tidak ada yang salah, hanya saja yang lebih tau detail dari mobil itu sendiri tentu saja pemiliknya.

Oleh karena itu, kita perlu tau hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat mobil. Berikut ini ada sembilan tips merawat mobil.

9 Langkah Cara Merawat Mobil

Ganti Oli Mobil
1gai.ru
  1. Mengganti Oli

Oli merupakan salah satu komponen yang penting dalam performa mobil. Yang perlu dilakukan adalah mencatat waktu penggantian oli sehingga dapat dipantau dan tidak akan melewati batas penggantian oli. Biasanya oli mobil harus diganti jika sudah menempuh 5000-10000 km. Nah, tips buat kamu yang sering terkena macet akan lebih baik melakukan penggantian oli setiap 7500 km.

Jangan lupa gunakan oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil, kalau kamu tidak terlalu paham, kamu bisa serahkan ke bengkel langganan kamu. Oh ya, salah satu cara mengetahui kapan oli mobil perlu diganti adalah dengan meneteskan sedikit oli ke tangan, jika terdapat serpihan-serpihan halus di dalamnya makan sudah saatnya kamu mengganti oli mobil.

Penggunaan Bahan Bakar
josstoday.com
  1. Penggunaan Bahan Bakar

Usahakan mengisi bahan bakar di tempat yang resmi, untuk memastikan bahan bakar yang kamu pakai steril dan tidak ada bahan campuran lain. Karena penggunaan bahan bakar yang kotor sangat memengaruhi kinerja mesin dalam mobil. Saran kami, selalu gunakan Pertamax agar mesin lebih awet.

Penuhi Tangki Bensin
toyota.astra.co.id
  1. Penuhi Tangki Bensin

Usahakan tangki bensin terisi penuh. Jika tidak, bagian atas tangki yang tidak pernah terkena cairan akan dipenuhi dengan kotoran dan kerak sehingga akan sangat membahayakan apabila kotoran dan kerak tersebut tercampur dengan bahan bakar dan terbawa ke dalam saluran pembakaran.

Mengecek Air Radiator Mobil
autobrains.ru
  1. Mengecek Air Radiator

Air radiator ini berfungsi untuk mendinginkan mesin. Kualitas air radiator sangat berdampak pada pendingin mobil, maka hindari penggunaan air radiator yang tidak berkualitas atau yang asal – asalan.

Mengganti Aki Mobil
news.yahoo.com
  1. Mengganti Aki Mobil

Tips merawat mobil selanjutnya adalah dengan memastikan air aki mobil kamu berada diantara garis batas penanda. Jika air aki tidak mencapai garis bata penanda, segera lakukan pengisian air aki. Selain itu, perhatikan juga kebersihan kutub – kutub aki karena cenderung sering kotor akibat reaksi kimia yang terjadi.

Cat Mobil
google.com
  1. Cat Mobil

Selain kondisi mesin yang diperhatikan, tampilan luar juga perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu cat mobil, perawatan yang perlu kamu lakukan yaitu menempatkan mobil ditempat yang teduh atau tidak terpapar matahari secara langsung karena paparan matahari secara langsung bisa membuat cat mobil menjadi kusam.

Selain itu, banyak faktor yang memengaruhi cat mobil menjadi rusak, seperti baret pada body mobil akibat salah parkir maupun senggolan. Sabun cuci mobil juga perlu diperhatikan , gunakan sabun cuci khusus untuk mobil dan gunakan lap yang halus yang tidak merusak cat mobil.

Ganti Ban Mobil
insuranceofficesltd.com
  1. Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen penting dalam berkendara dan sangat berpengaruh  pada performa mobil saat digunakan di jalan.  Berikut ini cara merawat ban mobil yang baik :

  • Perhatikan tekanan udara ban mobil

Selalu perhatikan tekanan udara pada ban mobil, krena tekanan udara sangat berpengaruh dengan lama penggunaan bahan. Tekanan ban mobil harus sesuai dengan kondisi perjalanan, jangan terlalu kecil karena bisa merusak ban, dan juga jangan terlalu besar tekanannya karena bisa mengakibatkan ban menjadi mudah robek.

  • Spooring dan balancing

Lakukan spooring dan balancing untuk menjaga kestabilan mobil saat berkendara. Biasanya pada pemakaian 5000 km ban mobil yang sering digunakan akan cepat berubah posisi menjadi kurang stabil.

  • Berkendara dengan baik dan benar

Dengan berkendara yang baik, maka ban mobil juga akan semakin awet.Misalnya dengan tidak mengubah kecepatan secara drastis dan pengereman mendadak, serta barang – barang yang tidak diperlukan sebaiknya dikeluarkan saja agar beban yang ada pada mobil senantiasa terjaga.

Mengganti Lampu Mobil
slashgear.com
  1. Lampu Mobil

Fungsi lampu depan atau headlamp tidak hanya berfungsi untuk menerangi jalan dimalam hari, tapi juga memberikan informasi mengenai posisi mobil kamu ke pengendara lain. Jika pancaran sinar lampu meredup atau mati bisa membahayakan saat berkendara di posisi jalan yang gelap. Berikut ini hal – hal yang perlu diperhatikan dalam merawat lampu mobil :

  • Mika lampu

Pernah menjumpai  mika lampu menguning atau tampak kusam? Jika iya, kamu bisa menggunakan pemoles atau wax khusus mika lampu. Faktor cuaca juga dapat menimbulkan timbulnya jamur pada mika mobil. Oleh karena itu, sebaiknya parkirkan mobil kamu ditempat yang memiliki atap ya.

  • Embun

Mika lampu yang berembun bisa terjadi karena mencuci mobil dengan air bertekanan kencang atau setelah menerjang banjir, hal ini terjadi karena air masuk ke dalam headlamp. Cara yang harus kamu lakukan adalah melepas headlamp terlebih dahulu, kemudia lap menggunakan kain microfiber yang telah diikat dengan tongkat kayu kecil melalui lubang lampu bohlam.

  • Listrik

Pastikan instalasi kelistrikan dilakukan dengan baik dan sambungan terpasang dengan sempurna, hal ini dilakukan untuk menghindari hubungan arus pendek atau korsleting.

Servis Mobil Secara Rutin
subaru174.ru
  1. Servis Secara Rutin

Nah, servis berkala merupakan hal penting yang harus kamu lakukan. Karena mencakup keseluruhan perawatan mobil, seperti membersihkan bagian dalam dan luar kendaraan, mengganti oli, penambahan cairan radiator, pengecekan kondisi baterai atau aki mobil, pemeriksaan pelumas, serta berbagai keluhan dari pemilik mobil.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.