20+ Contoh Kerajinan Tangan dari Barang Bekas (LENGKAP & LUCU)

kerajinan tangan dari barang bekas – Apakah Anda sudah penasaran dari tadi scroll up scroll down halaman melihat gambar-gambar menarik? Oke, kita akan perkenalkan satu per satu contoh kerajinan tangan dari kardus yang mudah anda buat.

Kerajinan Tangan dari Sedotan

Di tangan seseorang yang kreatif, sedotan dapat dijadikan berbagai kreasi unik yang bermanfaat dan dapat dijadikan hiasan rumah yang cantik. Contohnya adalah kerajinan tangan dari sedotan berbentuk bunga dan beberapa barang bermanfaat yang terbuat dari sedotan bekas. Sedotan banyak sekali dikreasikan menjadi bunga, namun tidak menutup kemungkinan untuk dikreasikan menjadi beragam barang-barang unik dan cantik.

Bingkai Foto

cara membuat Bingkai foto dari sedotan

Sedotan dapat pula dijadikan hiasan untuk membuat bingkai foto yang unik.

Untuk membuat bingkai foto dari sedotan sebagai berikut:

  • Pertama-tama siapkanlah beberapa buah sedotan dengan warna motif.
  • Lalu siapkanlah kardus.
  • Potong kardus membentuk ukuran frame foto yang diinginkan.
  • Jangan lupa potong persegi pada bagian tengah kardus lapisan atas untuk membuat tampilan foto.
  • Potong-potong sedotan mengikuti bentuk frame, lalu susun dan tempelkanlah sedotan-sedotan tersebut pada bingkai atas sebagai hiasan.
  • Tempelkanlah bingkai yang sudah ditempeli oleh sedotan ke bingkai yang menjadi lapisan bawah, jangan lupa untuk tidak memberikan lem pada semua sisi frame, sisakan bagian atas untuk tidak diberi lem agar dapat memasukkan foto.
  • Masukkanlah foto yang diinginkan ke dalam bingkai, dan frame fotonya sudah jadi!

Hiasan dinding

cara membuat Hiasan dinding dari sedotan

Sedotan dapat dikreasikan dengan kain flannel untuk membuat hiasan dinding yang unik. Hiasan dinding ini dapat digantung di kamar untuk memberikan dekorasi pada kamar serta menambah keindahan. Dapat juga dijadikan sebagai gantungan nama yang dipajang di pintu kamar untuk menambah hiasab pada pintu.

Anda bisa mengajak anak-anak anda untuk ikut membuat kreasi hiasan dinding tersebut dengan bahan sedotan yang mudah didapat. Hal ini akan memacu kreativitas mereka untuk belajar. Jenis sedotan bermotif lain dapat dikumpulkan dan jika sudah menjadi banyak, dapat dijadikan hiasan dinding seperti pada gambar.

Untuk membuat hiasan tersebut dibutuhkan pembuatan pola dasar, kemudian sedotan-sedotan bermotif dipotong menyesuaikan bentuk pola kemudian ditempel-tempel. Terakhir tambahkan pita motif yang cantik sebagai gantungan untuk memberikan kesan unik dan indah.

Membuat Bunga dari Sedotan

cara membuat bunga dari sedotan

Bunga merupakan kreasi sedotan yang paling banyak dibuat oleh orang-orang. Karena membuat bunga dari sedotan adalah cara yang mudah. Bunga dari sedotan dapat dirangkai menjadi satu rangkaian bunga yang dapat dipajang di rumah ataupun di dalam kamar.

Memiliki rangkaian bunga di dalam rumah akan mempercantik hiasan rumah anda tanpa perlu menanam bunga yang sesungguhnya. Karena bunga yang dipetik dan dirangkai hanya dapat bertahan selema beberapa hari, kemudian bunga-bunga tersebut akan jatuh layu meskipun sudah disirami banyak air.

Kerajinan Dari Stik Es Krim

Bahkan kerajinan tangan yang dihasilkan bisa mendatangkan pundi-pundi uang yang pastinya menguntungkan. Salah satu kerajinan tangan yang mudah dibentuk yaitu menggunakan stik es krim.

Kerajinan Tangan Rumah Dari Stik Es Krim

Kerajinan Tangan Rumah Dari Stik Es Krim
Source: pinterest.com

Membuat kerajinan dari stik es krim sangatlah mudah, yang perlu dibutuhkan yaitu desain rumah yang akan dibentuk serta bahan-bahan yang diperlukan. Adapun bahan yang diperlukan yaitu stik es krim, lem, dan cutter.

Cara pembuatannya hanya dengan menggabungkan stik es krim sesuai dengan bentuk yang diinginkan menggunakan lem yang sudah disediakan. Agar tampilan lebih cantik, Anda bisa menambahkan warna pada rumah stik es krim yang sudah jadi.

Kerajinan Tempat Pensil Dari Stik Es Krim

Kerajinan Tempat Pensil Dari Stik Es Krim
Source: pinterest.co.uk

Mau lebih kreatif lagi? Bikin tempat pensil menggunakan stik es krim. Dijamin, kotak pensil Anda akan tampak lebih cantik dan pastinya Anda akan lebih puas karena dibuat dengan jerih payah sendiri.

Caranya mudah kok, cukup sediakan beberapa batang stik es krim dan gabungkan stik es krim tersebut sesuai dengan kreativitas Anda. Jangan lupa berikan sentuhan-sentuhan kecil agar tempat pensil tampak lebih cantik lagi.

Kerajinan Stik Es Krim Vas Bunga

Kerajinan Stik Es Krim Vas Bunga
Source: pinterest.com

Vas bunga dari stik es krim cukup mudah untuk dibuat. Vas ini sangat cocok dijadikan sebagai hiasan di kamar atau ruang tengah. Anda bisa memberikan sentuhan seperti pita dan memberikan warna pada stik agar vas bunga tampak lebih cantik.

 

Kerajinan Tangan dari Bambu

Batang bambu termasuk dalam jenis tanaman yang banyak tumbuh di tanah Indonesia. Walau lebih identik dengan negara Cina, namun faktor dari letak geografis Indonesia membuatnya bambu pun dapat tumbuh dengan subur dan penyebarannya cukup mudah dilakukan. Selain itu, iklim Indonesia yang terbagi hanya kemarau dan hujan pun membuat banyak jenis tanaman lebih mudah tumbuh di Indonesia, seperti batang bambu ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak produk yang dapat dibuat dari bahan dasar batang bambu ini. Selain hasilnya yang menarik, berbagai kerajinan tangan dari bambu ini tergolong mudah dibuat. Pada bagian di bawah ini akan dijelaskan beberapa macam kerajinan tangan dari bambu dan cara membuatnya.

Kotak Pensil

Kerajinan tangan dari bambu kotak pensil

Membuat barang yang satu ini tidak harus terpaku pada bahan plastik atau kaleng yang banyak di pasaran. Jika anda ingin mempunyai sesuatu yang beda dari yang lain anda bisa membuat pensil untuk anak-anak anda dengan berbahan pokok dari bambu.

Kerajinan tangan dari bambu kotak pensil sederhana

Tempat pensil adalah salah satu keperluan anak anak sekolah yang dapat anda buat dari bahan batang bambu. Anda hanya perlu untuk menyediakan alat dan bahan serta melakukan beberapa cara pembuatan berikut ini.

Alat & Bahan

• Amplas
• Batang Bambu
• Gergaji
• Lem Kuat
• Papan Bekas
• Pisau dan Cutter

Cara Pembuatan

  1. Carilah ukuran bambu yang standar untuk menjadi ukuran tempat pensil.
  2. Potonglah bambu sekira ukuran barang barang yang akan anda masukan pada tempat pensil tersebut.
  3. Jika membutuhkan alas atau bentuk isi untuk ditarik dan ditutup, maka bentuk dulu alasnya dari papan kayu.
  4. Potong setelah gambar skesta telah anda.
  5. Jika sejumlah bambu telah anda kumpulkan, tempelkanlah seluruhnya membentuk sebuah tempat pensil.

Tempat Lilin

Kerajinan tangan dari bambu tempat lilin

Makan malam anda bersama sang kekasih akan semakin terasa romantis ditemani oleh lilin-lilin yang tempatnya terbuat dari bahan bambu. Paduan bambu yang berwarna hijau, api berwarna oranye, dan gelapnya malam akan menambah nuansa kehangatan.

Alat & Bahan

• Batang Bambu
• Lilin
• Lem Kuat

Cara Pembuatan

  1. Siapkanlah sejumlah batang bambu untuk menjadi tempat lilin.
  2. Potonglah batang bambu tersebut setinggi yang cukup untuk lilin dapat tertutupi seluruhnya.
  3. Masukanlah lilin pada batang bambu tersebut dan tempel dengan lem kuat.
  4. Tariklah ujung sumbu lilin ke bagian atas batang bambu yang telah dilubangi.
  5. Tempat lilin pun sudah siap digunakan.

Lampu Hias

Kerajinan tangan dari bambu lampu hias

Cara membuat kerajinan lampu hias dari bambu ini dapat kamu gunakan agar rumahmu terlihat lebih menarik dan estetis. Keindahan interior rumah bisa dicapai tanpa perlu modal yang besar. Lampu hias dari bambu semacam ini dapat kamu letakkan di berbagai sudut ruangan, di atas meja, atau bahkan di luar rumah.

Alat & Bahan

• Bambu Besar
• Lampu Lonjong
• Tali Tambang
• Penutup Karet

Cara Pembuatan

  1. Rumah lampu dari bambu harus menggunakan bambu yang diameternya cukup besar.
  2. Masukanlah lampu dengan carangnya dan tempelkan pada penutup karet.
  3. Pastikan untuk menggunakan lampu yang masuk ke dalam diameter batang bambu.
  4. Gunakan tali tambang sebagai pengerat tempelan karet itu.
  5. Tariklah kabel lampu dan gantungkan pada lokasi dimana anda ingin lampu tersebut digunakan.

Lampu Kamar

Kerajinan tangan dari bambu lampu kamar

Dengan harga yang relatif murah, serta desain yang unik dan memiliki kesan mewah, membuat permintaan pasar akan lampu kamar dari bambu ini terus naik. Ini menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan di kalangan para pengerajin bambu.

Alat & Bahan

• Bambu Tua
• Lampu Lonjong
• Kabel
• Stop Kontak

Cara Pembuatan

  1. Lampu kamar yang terbuat dari bambu memang sangat menarik, dibutuhkan bambu tua dengan ukuran cukup besar.
  2. Potong atau bentuklah bambu tersebut sesuai bentuk lampu yang anda inginkan.
  3. Letakan lampu yang ukurannya sesuai ke dalamnya dan sambungkan kabel dan stop kontaknya.
  4. Lampu sudah siap digunakan untuk menghiasi kamar anda.

Vas Bunga

Produk Kerajinan tangan dari bambu

Kerajinan tangan dari bambu satu ini cocok sekali untuk anda yang senang berkreasi dengan keindahan, apalagi yang suka bunga. Bambu yang diukir maupun dilukis dapat menjadi hiasan yang sangat ciamik untuk ditaruh di pojok ruangan maupun di atas meja.

Vas bunga dari Kerajinan tangan bambu

Untuk anda yang menyukai nuansa natural dalam rumah anda, anda bisa menggunakan rotan, bambu, atau kayu untuk hiasan rumah. Pilih bambu yang besar agar bisa meletakkan bunga, lalu tata sedemikian rupa dan dihias agar terlihat cantik ketika diisi bunga.

Alat & Bahan

• Bambu yang sudah kering
• Gunting
• Amplas
• Piloks
• Selotif bening
• Silet

Cara Pembuatan

  1. Potonglah bambu menjadi bentuk miring diatasnya.
  2. Pastikan untuk menggosok bambu menggunakan kertas gosok atau amplas hingga halus.
  3. Balutlah bambu yang sudah di gosok dengan selotif bening sampain keseluruhan bambu tertutupi.
  4. Buat motif yang anda diinginkan lalu ukir dengan silet.
  5. Warnai dengan menggunakan cat lalu keringkan.
  6. Lepaslah selotif yang ada dan vas anda sudah siap digunakan.

18. Pancuran Air

Pancuran air yang terbuat dari bambu

Salah satu contoh cara membuat kerajinan dari bambu adalah air mancur. Air terjun dari bambu biasanya sering kali, bahkan hampir seluruh rumah penduduk masyarakat Jepang memilikinya. Dan ternyata fungsi lain dari hiasan air terjun dari bambu ini memberi kesan sejuk alami, dan menenangkan pikiran akan sangat baik dan indah apabila dikombinasikan dengan tanaman bunga atau tanaman hijau lainnya.

Alat & Bahan

• Bambu bermacam ukuran
• Gergaji
• Amplas
• Cat
• Tanaman
• Penyalur air

Cara Pembuatan

  1. Potonglah bambu menjadi bentuk miring di satu sisinya.
  2. Amplas bambu menjadi licin dan bersih.
  3.  Susun bambu dalam susunan air pancur yang indah.
  4. Sambungkan sumber air ke saluran bambu.
  5. Hiasi pancuran air dengan tanaman hias.
  6. Tempatkan pancuran air dengan kolam ikan anda.

Speaker Hp

tempat hp dari kerajinan tangan bambu

Jika anda melubangi beberapa bagian dari potongan bambu, maka anda dapat mendengar hasil suara dari alat elektronik anda menjadi lebih besar. Seakan aka nada speaker yang digunakan. Membuat speaker dari bambu ini harus memperhatikan dimana letak handphone bisa ditempatkan.


25. Tempat Bunga

tempat bunga dari kerajinan bambu

Anda yang ingin memanfaatkan potongan kecil bambu menjadi pot, maka anda dapat menggunakan bahan seperti tali, selotip atau perekat lainnya untuk menghasilkan pot tanaman yang indah. Susunlah sisa bambu tersebut membentuk pot yang unik dan hanya anda saja yang punya.

26. Celengan

Produk kerajinan tangan dari bambu berupa celengan

Bambu yang memiliki ruang di tengahnya ternyata dapat juga anda manfaatkan sebagai tempat menyimpan uang (celengan). Bentuklah potongan bambu tersebut menjadi bentuk bentuk celengan yang menarik, misalnya membentuk piggy bank. Tambahkan telinga, ekor, mulut, dan hidung, serta kaki kakinya.

Rumah

Miniatur rumah dari Kerajinan tangan bambu

Rumah adalah bentuk miniatur pertama yang banyak dibuat dari bahan bambu. Jenis pembuatan miniatur rumah bambu ini tergolong ringan, namun perlu kemampuan penyusunan yang baik. Mengenai alat dan bahan serta cara pembuatan akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Meja

Kerajinan tangan dari bambu meja

Alat & Bahan

• Batang Bambu
• Tali
• Lem Kuat

Cara Pembuatan

  1. Anda perlu menyiapkan sejumlah batang bambu dengan variasi warna yang berbeda.
  2. Kemudian, potonglah semua bambu tersebut menjadi panjang yang sama.
  3.  Susunlah batang bambu tersebut secara padat.
  4. Ikatlah batang bambu menjadi membentuk tatakan meja
  5. Terakhir letakan kaca pada atas bambu tersebut dan tempel dengan lem kuat.

Hiasan Dinding

Kerajinan tangan dari bambu berupa hiasan dinding

Hiasan dinding sangat banyak jenisnya. Tidak selalu hiasan dinding anda gunakan untuk hiasan dalam rumah. Dapat juga anda memanfaatkan bambu untuk membuat hiasan dinding seperti penyanggah pot di taman luar ruangan anda.

Hiasan dinding Kerajinan tangan dari bambu

Bambu yang digunakan menjadi hiasan dinding pun dapat dilukis kembali permukaannya. Sehingga tidak hanya menampilkan bambu yang disusun saja, tetapi juga menggambarkan pengalaman dari aktivitas yang perlu anda lakukan di sana.

Alat & Bahan

• Amplas
• Batang Bambu
• Gergaji
• Lem Kuat
• Tali
• Cat
• Pisau dan Cutter

Cara Pembuatan

  1. Pertama anda harus menyiapkan batang bambu sekitar 6 – 8 buah.
  2. Potonglah batang bambu sesuai panjang hiasan dinding yang anda inginkan.
  3. Kemudian gunakanlah tali untuk mengikat beberapa potong bambu tersebut membentuk suatu hiasan dinding.
  4. Gambarlah beberapa lukisan atau warnai beberapa bagiannya sebagai hiasan.
  5. Keringkan dan hiasan dinding sudah siap digunakan.

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengajak pembaca untuk membuat kerajinan dari kain flanel. Akan ada tiga puluh lima cara yang kami sajikan, dan beberapa di antaranya tidak membutuhkann jahitan sama sekali. Meskipun begitu, kerajinan dari kain flanel memakai atau tanpa jahitan tetap memiliki nilai keindahan. Tidak percaya? Langsung saja yuk membuatnya. Siapa tahu nanti hasilnya malah lebih bagus daripada yang kami ajari. Jadi Anda bisa menghadiahkannya untuk teman yang akan menikah atau mungkin adik yang baru mendapatkan nilai bagus.

Menghias Botol

cara membuat kerajinan botol dari kain flanel

Punya botol minum kan? Mungkin Anda salah satu orang yang terbiasa membawa botol minum kemana-mana karena gampang kehausan atau memang sedang hemat. Coba deh menghias botol minum menggunakan kain flanel. Bukan hanya botol minum, stoples wadah jajan pun bisa dihias serupa.

Kalung

cara membuat kerajinan kalung dari kain flanel

Dulu sewaktu kecil ada kalung dari potongan daun ketela. Tapi sekarang kita bisa membuat kalung marmer dari potongan kain flanel. Kalung ikat ini tidak buruk untuk dijadikan hadiah kecil. Malah akan kelihatan tidak biasa bagi pasangan Anda yang menyukai keindahan.

Hiasan Rumah Dari Kain Flanel

cara membuat kerajinan Hiasan Rumah dari kain flanel

Pastinya hiasan seperti ini sangat menarik bagi tamu dan Anda sendiri yang menghuni rumah. Hiasan di dinding atau atas meja akan menyumbang kesan pertama bagi teman Anda yang pertama kali masuk ke rumah. Lagipula  membuat hiasan rumah kerajinan dari kain flanel tidak terlalu sulit, jadi segeralah membeli bahan dasarnya ini.

Bunga Dari Kain Flanel

cara membuat kerajinan bunga dari kain flanel

Sekarang bahkan tidak lagi hanya dijual langsung. Seiring perkembangan zaman dan banyaknya minat, bunga buatan hasil kerajinan dari kain flanel sudah go online. Selain anti layu, warna kain flanel yang beragam menambah kecantikan bunga buatan ini.

Kotak Pensil

cara membuat tempat pensil dari kain flanel mudah

Selain dompet dan wadah kacamata, ada pula kotak pensil yang sangat kental nuansa flanel. Jadikanlah hari-hari putra-putri di sekolah lebih bersemangat dengan kejutan kecil. Salah satunya adalah menghias kota pensil mereka dengan warna mencolok dan ornamen modis dari kain bekas yang diambil potongannya sedikit. Berbeda dengan membuat dompet dari flanel. Yang ini kita tidak perlu pusing karena tidak memiliki keahlian menjahit. Tinggal hias saja dan Anda bisa membuat banyak sekaligus dalam seminggu.

Tas HP

cara membuat tempat hp dari kain flanel

Sudah zamannya smartphone. Kalau dulu orang meletakkan HP di ikat pinggang, sekarang banyak sekali jenis case yang berada. Mulai dari soft case hingga hardcase. Beragam warna, bentuk dan kreasi selalu membuat laris para penjualnya. Sekarang Anda pun bisa membuat produk saingan hasil kerajinan dari kain flanel. Pertama Anda buat klip atau tempat yang teksturnya seperti kardus sebagai tempat duduk smartphone. Kedua Anda bisa juga membuat case yang disesuaikan dengan besar kecil smartphone.

Cincin Dari Kain Flanel

cara membuat kerajinan cincin dari kain flanel

Yang jelas jangan dipakai sebagai mas kawin. Cincin di sini adalah cincin kertas yang sebenarnya potongan kain. Karena mudah dibuat dan bahannya cepat didapat, Anda dapat membuat berbagai varian untuk digunakan bergantian. Dengan kombinasi yang sangat padu menghasilkan karya kerajinan dari kain flanel yang sebelumnya tidak pernah kita duga.

Makanan

cara membuat kerajinan makanan dari kain flanel

Tentu saja makanannya tidak bisa mengenyangkan. Tapi kerajinan dari kain flanel ini memang menyerupai aslinya. Sehingga banyak yang mengira kerajinan ini sebagai makanan asli. Semoga Anda bukan satu di antara yang tertipu, ya.

Dompet Uang

cara membuat kerajinan dompet dari kain flanel

Dompet uang ini kadang bisa dipakai multifungsi. Anda diperbolehkan menggunakan dompet ini sebagai tempat pensil atau obat-obatan. Tidak perlu menyewa pengrajin. Jika ibu Anda pandai menjahit, minta tolong saja untuk menjahitkan dompet dari flanel.

Amplop Flanel

cara membuat amplop dari kain flanel

Sekarang ini musimnya orang menikah. Boleh juga kalau Anda memasukkan uang ke dalam amplop dari flanel. Bayangkan saja ekspresi teman Anda ketika menerima amplop ini. Kira-kira dia akan merasa spesial. Bisa juga hasil  kerajinan dari kain flanel ini dipakai sebagai wadah kartu ucapan untuk menambah kesan ‘kamu istimewa.’

Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas

Di tangan orang-orang kreatif, kerajinan tangan dari kardus bukan lagi hal tak bernilai karena nilai ketidak umumannya yang jarang terpikir di otak orang lain.

Rumah kucing dari kardus

Salah satu hewan yang dianggap paling lucu ini dijadikan idola oleh banyak orang dari segala usia. Meskipun suka memakan daging dan mencakar, tapi Kucing tidak pernah benar-benar menyakiti. Sehingga unsur imutnya lebih menonjol daripada mengerikannya.

Jika Anda adalah salah satu orang yang merasa sangat nyaman memelihara banyak Kucing hingga beranak pinak, maka tidak ada salahnya mulai membuatkan dia sebuah rumah mungil yang tampak tidak seperti penjara.

Pilihlah kardus yang kaku untuk dijadikan bahan dasar. Kemudian bentuklah kardus tersebut menjadi sebuah rumah secara terpisah. Jadi diawali dari dinding rumah hingga selesailah atapnya. Baru kemudian disusun seperti gambar di bawah ini. Cara ini juga bisa mengusir kebosanan Kucing itu sendiri.

Bingkai Foto dari Kardus

Tidak pula kelihatan murahan. Dimensi bingkai yang menyesuaikan besaran foto dapat Anda buat sendiri. Sehingga tidak mungkin kelonggaran maupun kesempitan sampai fotonya terpotong. Gunakan lem dan bagian lekuk dalam kardus. Boleh juga Anda menambahkan gambar-gambar di permukaan bingkai foto supaya lebih ramai.

Kotak Tisu

 

Begitu pula dengan pekerjaan rumah tangga. Noda-noda yang sering muncul akibat percikan makanan dan minuman, bekas mainan bayi yang sering meninggalkan kerusuhan hingga persediaan bagi para tamu yang bertandang. Keberadaan tisu ini akan lebih cantik serta sopan apabila diberi kotak khusus yang cantik. Di sini Anda dapat melihat sendiri betapa kardus bekas yang seratnya menyerupai kayu tampil cantik bersama pita-pita buatan yang menjadi sebuah karya kerajian tangan dari kardus yang tidak disangka.

Tempat Tidur

Bahagiakan putri Anda dengan memberikan dia kejutan kecil. Membuat tempat tidur mini seukuran barbie akan membuat anak Anda merasa sangat diperhatikan. Ukurannya dapat disesuaikan. Tambahkan sedikit kain perca dan sterofoam agar tempat tidurnya nyaman ditempati dan sanggup menghangatkan teman boneka si kecil.

Tas

Namun jika Anda merasa sedang buntu pikirannya bisa mengikuti pola berikut. Jadi tasnya mini dan talinya diberi manik-manik supaya cantik. Motifnya bisa memakai kain perca supaya lebih awet jika tidak mau menggunakan kertas kado yang rawan sobek.

Lampu Tidur

Nah, jika biasanya Anda mengeluarkan beberapa rupiah untuk lampu tidur yang bagus. Kini Anda dapat menghemat dengan cara membuat lampu tidur sendiri dari kardus. Lampu tidur tersebut merupakan kerajinan tangan dari kardus yang unik sekaligus menarik.

Rak Buku

Atau mungkin Anda pernah merasa seperti orang ‘tidak punya’ akibat meletakkan buku-buku pada satu tempat sangat sederhana, yaitu kardus bekas minuman. Keberadaan model ini akan langsung memisahkan per tema atau frekuensi digunakannya buku. Coba lihat ke bawah. Sangat cantik bukan? Sangat gampang untuk membuat kerajinan tangan dari kardus ini di rumah ntah bersama kerabat atau saudara untuk mengasaha kreatifitas

Pesawat

Anda patut mencoba membuat pesawat dari kardus yang sifat bahannya lebih kaku. Pesawat ini pun lebih besar dibandingkan pesawat kertas biasanya. Apakah kemudian pesawat kardus ini dapat terbang? Tentu saja bisa. Bahkan Anda boleh membuat tiang sebagaimana yang biasa dipakai sebagai tempat peletakan patung pesawat atau saat pameran dirgantara di Yogya.

Bunga

Bunga kerajinan tangan dari kardus yang sudah dilengkapi potnya dan juga dibuat dari bahan sama. Tidak perlu menyirami bunga ini. Anda hanya cukup meletakkannya di tempat datar yang kosong supaya bunga ini menjadi pusat perhatian.

Tempat Hp

Utamanya para orangtua yang merasa jengah memegang smartphone di tangan. Tetapi kerajinan tangan dari kardus ini tidak menutup kemungkinan menerima sasaran dari anak muda, apalagi yang suka nonton video dan streaming lewat smartphonenya.

Mobil

Tapi setelah Anda menyelesaikan mobil kerajinan tangan dari kardus ini, Anda bisa memamerkannya. Bahkan Anda bisa mengajak anak Anda balapan mobil secara aman di halaman belakang rumah. Ini bisa untuk Anda jadikan sebagai produk penghasil uang Anda dengan membuat kerajinan tangan dari kardus dan menjualnya kepada anak-anak kecil untuk bermain.

Kursi

Kursi yang tidak diduduki oleh sembarang orang. Kursi kerajinan tangan dari kardus sangat cocok dipakai oleh anak-anak supaya tidak cepat bosan berada dalam kelas atau ruang bermainnya. Tidak semua kardus bisa dipakai dalam pembuatan kerajinan tangan dari kardus ini.

Gitar

Alat musik dan bakat memang dua hal yang diakui punya keterkaitan. Namun sebenarnya percuma juga anak terlahir dengan bakat kalau tidak dikembangkan. Menyemangati orang tersayang bisa dengan berbagai cara. Selain menemani saat latihan, menonton ketika tampil di panggung, memberikan replika alat musik akan memberikan kesan mendalam bagi si penerima.

Gantungan Baju

Siapa sangka problem Anda di kos ternyata terselesaikan dengan kardus bekas. Kardus yang dipilih tentu saja yang cukup tinggi supaya bajuya jangan sampai menyentuh tanah. Gantungan baju ini muat dijadikan sandaran beberapa potong baju.

Celengan

Celengan kardus memang sangat cantik. Anda dapat menghemat belasan ribu untuk membeli celengan. Kreasikan kecantikan kardus Anda dengan desain favorit. Apabila sewaktu-waktu uang di dalamnya dibutuhkan mendesak, kita dapat membongkar kemudian membuatnya lagi. Eits, tetap tidak boleh seenaknya bongkar-bongkar, ya. Harus ada komitmennya.

Bajai

bajai dari kardus

Bisa Anda mengartikan bus bisa pula bajaj. Angkutan umum memang dewasa ini mulai tersingkir kendaraan pribadi penambah kemacetan jalan. Namun sungguh pembuatan angkutan umum kerajinan tangan dari kardus ini tidak ada niatan bernostalgia sama sekali.

Vespa

Vespa Dari Kardus

Komunitas vespa bahkan masih subur saja dan hubungannya sangat erat dengan genre musik reggae bersama rastavariannya. Jika Anda membuat benda legendaris ini dari kardus kemudian dijual saat festival atau perform komunitas tersebut tadi, tidak diragukan pasti ada saja rezeki mengalir ke kantong Anda berkat kerajinan tangan dari kardus yang kreatif.

Truk

truk dari kardus

Truk kerajinan tangan dari kardus ini dapat dijadikan mainan anak di taman kanak-kanak. Alat peraga seperti ini sangat bagus untuk membantu anak-anak mengenal transportasi saat tema pembelajaran membahas perihal tersebut.

Topi

Boleh memakaikan topi ini sambil menyanyikan lagu ‘topi saya bundar’ supaya dia lebih ceria sepanjang hari. Ingat ya, topi ini bukan untuk Anda. Dunia anak lebih berwarna daripada dunia kita. Anda dapat menambahkan kelucuan berupa bentuk daun atau pita-pita di sepanjang bundaran topi.

Topeng

Topeng Dari Kardus

Topeng superhero ini dibuat seukuran anak kecil dan memang diperuntukkan anak-anak saat bermain peran dan perang. Dan bila anda tertarik membuat kerajinan tangan dari kardus ini bisa mencoba berkreasi sendiri di rumah dengan contoh yang sudah kami sediaakan.

Jika kebetulan Anda anak teater, kerajinan tangan dari kardus ini akan memiliki nilai fungsi besar karena dipastikan setelah topengnya jadi tidak akan dianggurkan. Bagaimana, apakah Anda tertaik membuat topeng sendiri atau membeli hasil karya orang lain?

Boneka

Boneka dari kardus

Bagi Anda pecinta Danbo pasti akan membeli semua benda serial Danbo. Sudah bukan rahasia lagi kalau boneka Danbo tercipta dari kardus, kadang pula kayu. Meskipun kebanyakan orang memproduksi Danbo dengan memilih bahan lain yang biasa dibuat sebagai bahan dasar boneka, tapi Danbo kardus akan tampak menonjol. Tidak ada salahnya Anda coba dulu berbisnis boneka Danbo kerajinan tangan dari kardus. Padukan dengan cerita menarik yang mengundang ekspresi si Danbo.

Langkah-langkah Membuat Bunga Dahlia dari Sedotan

Di tangan seseorang yang kreatif, sedotan dapat dijadikan berbagai kreasi unik yang bermanfaat dan dapat dijadikan hiasan rumah yang cantik. Salah satunya adalah kreasi bunga dari sedotan bekas. Sedotan banyak sekali dikreasikan menjadi bunga.

Cara pembuatannya pun tidak sulit dan cukup mudah untuk dilakukan. Namun diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam pembuatannya agar kreasi bunga yang dihasilkan berbentuk rapi dan cantik. Berikut ini adalah beberapa contoh kreasi cara membuat bunga dari sedotan yang dapat anda lakukan sendiri:

Bunga dahlia adalah salah satu jenis bunga yang paling banyak digemari oleh masyarakat khususnya bagi yang menyukai tanaman hias. Karena warna warnanya yang menarik serta memikat hati. Banyak orang melakukan budidaya tanaman bunga dahlia untuk mempercantik rumahnya.

Jika anda tidak ingin menanam bunga dahlia namun ingin menghiasi rumah anda dengan keindahan bunga yang satu ini, anda dapat membuatnya sendiri menggunakan sedotan.

Alat dan Bahan Bunga dari Sedotan:

  • 6 Buah sedotan masing-masing dibagi menjadi 8 potong
  • Gunting
  • Jarum
  • Kawat
  • Hiasan putik dan kelopak

Tahapan Membuat Bunga Dahlia dari Sedotan:

  • Siapkan 6 buah sedotan. 1 buah sedotan dibagi menjadi 8 bagian. Potong-potonglah setiap sedotan tersebut menjadi 8 potongan kecil.
  • Guntinglah potongan sedotan kecil dengan mengikuti pola seperti pada gam-gambar di bawah ini :

  • a) Gunting sisi kanan atas sedotan secara melengkung. Gunting sedikit saja, jangan terlalu banyak.

  • b) Gunting ujung kiri atas sedotan tepat di sebelah ujung kanan yang tadi digunting. Lakukan guntingan dengan cara yang sama.

  • c) Rapikan potongan-potongan yang telah digunting tadi menjadi lengkungan seperti pada gambar. Jangan menggunting sisi atas sedotan, rapikasn saja lengkungan-lengkungannya yang terdapat pada sisi kanan dan kiri.

  • Kemudian belahlah agar menjadi 2 potongan sedotan pada satu sedotan tersebut. Gunting dari ujung atas yang memiliki lengkungan kanan kiri.

  • Hasilnya akan menjadi seperti ini, setiap 1 batang bunga dahlia memerlukan 16 helai kelopak. Buatlah potongan-potongan kecil dengan mengulang langkah yang sama hingga menghasilkan jumlah kelopak yang diinginkan.

  • Susunlah beberapa kelopak lalu tusuklah pangkal kelopak yang sudah disusun tadi dengan jarum tajam secara hati-hati untuk merapikan susunan. Cara ini sama seperti membuat bunga teratai.

  • Secara perlahan, pindahkanlah kelopak-kelopak tersebut ke kawat yang panjang. Gunakan cara yang sama seperti membuat bunga teratai.

  • Ulangi langkah-langkah seperti pada no 6 untuk seluruh helai kelopak yang sudah disiapkan tadi. Sehingga akan membentuk kumpulan helai bunga dahlia. Jangan lupa tekuk ujung kawat agar kelopak tidak jatuh.

  • Satukanlah seluruh kelopak tersebut dengan cara menarik seluruh helai ke ujung kawat, lalu mulailah membuat lingkaran kawat yang di sisi kiri ke kawat yang di sisi kanan (memutar membentuk seperti batang).

  • Serut kawat tersebut di bawah bagian bunga dengan kuat secara perlahan dan hati-hati sehingga seluruh kelopak menyatu.
  • Saatnya membentuk bunga dahlia. Ikutilah cara pada gambar-gambar di bawah ini agar bunga dahlia terlihat rapi dan cantik :
  • a) Rapikan kelopak-kelopak bunga dahlia. Jangan sampai ada yang sobek. Kemudian potong kawat yang memanjang tadi.
  • b) Tekuk ujung kawat yang sudah dipotong ke belakang bunga dahlia. Lalu balikkan bunga. Jika kelopak yang disusun rapi, maka akan terlihat seperti ini.

  • Siapkan hiasan putik dan kelopaknya jika anda ingin memberikan aksen tambahan.

  • Masukkan putik ke bagian tengah bunga. Masukkan dari sisi depan kemudian tekan hingga ke belakang bunga. Sembunyikan kawat agar tidak terlihat.

  • Tutup bagian bawah bunga dahlia dengan kelopak bawah hijau lalu rapikan. Maka 1 kuncup bunga dahlia telah selesai dibuat!

Bunga dahlia sedotan sudah jadi. Anda dapat menambahkan hiasan daun bagian bawah bunga untuk menambahkan keindahan.
Ini adalah hasil akhir dari pembuatan bunga dahlia yang sudah diberikan hiasan batang hijau dan aksen rumput.
Anda bisa membuatnya lagi dengan warna-warna lainnya untuk dikombinasikan menjadi rangkaian bunga.

Cara Membuat Bunga Kembang Sepatu dari Sedotan

Bunga kembang sepatu adalah bunga yang berasal dari Asia Timur dan yang sering kita lihat di pohon-pohon jalanan atau taman sekitar rumah. Seringkali bunga tersebut dipetik kemudian dipasang di telinga wanita untuk mempercantik penampilan. Anda juga bisa membuat bunga kembang sepatu tersebut dari sedotan.

Alat dan Bahan Bunga dari Sedotan:

  • 4 Buah sedotan
  • Gunting
  • Hiasan putik kembang sepatu dan kelopak

Tahapan Membuat Bunga Kembang Sepatu dari Sedotan:

  • Siapkanlah 4 batang sedotan untuk membuat 1 bunga kembang sepatu. Gunakan sedotan yang bahannya mudah untuk dilipat.

  • Bagi setiap 1 batang sedotan menjadi 4 bagian,hingga jumlah total keseluruhannya ada 16 potongan sedotan untuk membuat 1 bunga sepatu.

  • Ambil 2 potongan sedotan, tumpuk menjadi satu lalu lipatlah 2 potongan sedotan tersebut ke dalam. Lipat secara rapi lalu pipihkan sehingga menjadi agak gepeng.

  • Lubangi ujung kiri bawah menggunakan gunting, lalu guntinglah dari sisi tengah bawah mengarah ke sebelah kanan secara perlahan dan hati-hati. Gunting secara melengkung ke kanan.

  • Buka lipatannya dari tengah maka akan terlihat seperti ini. Terdapat belahan bekas lipatan tadi.

  • Jika dilihat dari atas, akan tampak seperti ini, lubang tersebut adalah hasil guntingan pada ujung kiri sedotan tadi. Lakukan langkah-langkah 1 sampai 5 lagi untuk potongan sedotan lainnya.

  • Siapkanlah hiasan putik kembang sepatu beserta kelopaknya. Gunakan putik yang khusus untuk bunga kembang sepatu, jangan putik lain yang digunakan seperti membuat bunga yang lain.

  • Kemudian masukan semua kelopak-kelopak tersebut ke pangkal bawah putik lalu aturlah letaknya secara selang-seling hingga membentuk tumpukan bunga. Pastikan lubang yang sudah dibuat tadi tidak terlalu besar sehingga putik tidak mudah lepas.

 

  • Jika sudah memasukkan kelopak-kelopaknya, hasilnya akan seperti ini. Ini adalah sebagian kelopak yang sudah di masukkan ke dalam putik. Lakukan lagi hingga semua kelopak sudah dimasukkan ke putik.

  • Setelah selesai memasukkan semua kelopak-kelopaknya, tutuplah bagian bawah bunga dengan kelopak bawah.
  • Bunga kembang sepatu dari sedotan sudah jadi. Anda dapat membuatnya lagi dengan warna yang berbeda untuk dirangkai.

  • Beberapa bunga kembang sepatu yang sudah dibuat dalam berbagai warna. Anda dapat mengkreasikannya untuk membuat rangkaian bunga berwarna-warni

Bagaimana?

Apakah anda tertarik untuk membuat sendiri bunga dari sedotan?

Memiliki bunga yang terbuat dari sedotan bukanlah ide yang buruk. Selain bisa menambah keindahan rumah anda tanpa harus menanam bunga yang asli, anda juga bisa meningkatkan daya imajinasi anda untuk memiliki keterampilan membuat kerajinan tangan dari bahan sedotan.

Leave a Comment