√ 53+ Kerajinan Tangan Dari Kardus yang Mudah Kamu Buat Sendiri

Kerajinan tangan dari kardus pasti terlihat biasa saja bukan kalau dibayangkan? Anda sendiri tentu pernah menjadikan kardus bekas sebagai benda berguna lainnya. Entah itu tugas masa orientasi siswa maupun hanya iseng menyobek supaya bisa dijadikan kipas darurat.

Saya sebelumnya telah membuat panduan lengkap cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang disitu dibahas lengkap kerajinan tangan dari stik es krim, kardus, sedotan, bambu dan langkah-langkah yang detail.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas

Kardus yang memiliki tekstur tidak begitu kaku maupun keras berpotensi diolah menjadi banyak barang kerajinan salah satunya adalah kerajinan tangan dari kardus.

 

 Rumah dari kardus

Bukan hanya rumah bagi Kucing. Membuat rumah mainan kerajinan tangan dari kardus ternyata sangat menantang. Maklum saja, rumah ini digunakan untuk manusia, bukan hewan, jadi apa salahnya membuat tempat tinggal kita lebih berwarna? Lipatan pada kardus sangat cocok dipakai sebagai atap, sementara jendela dan pintunya bisa digambar supaya miniatur ini lebih hidup. Gunakan tusuk gigi atau kayu seukuran itu sebagai tiang penyangga rumah.

Miniatur Sepeda Motor

Jika tadi anak sudah dikenalkan pada transportasi udara dan air, kini waktunya menjawab pertanyaan anak yang belum dikemukakan. Membuat miniatur sepeda motor merupakah hal yang cukup rumit, apalagi menjelaskan pada anak yang masih di bawah 3 tahun tentang beda sepeda biasa dan sepeda yang memakai mesin.

Lebih lucu lagi jika Anda menambahkan merk sepeda motor pada badan sepeda ditambah nomor polisi di tempat plat nomor. Para pecinta sepeda motor pasti merasa kecintaannya terwadahi melalui kerajinan tangan dari kardus. Bahkan warna-warninya motor masih bisa diakali dengan memberi sentuhan krayon pada kardus atau jika mau yang warnanya rapi maka cari kardus dengan warna senada.

Sepeda dari kardus

Ingin membiasakan si buah hati hidup sehat menggunakan sepeda? Jika biasanya miniatur sepeda dibuat dari logam atau kayu, kali ini sangat berbeda. Sepeda yang akan dijadikan kado ulang tahun ini terbuat dari kardus bekas. Memang proses pembuatan sepeda kerajiana tangan dari kardus akan sedikit sulit karena membutuhkan kesabaran serta ketelitian untuk membuat tiap detailnya apalagi di bagian roda.

Tapi Anda bisa menyerahkan tugas ini kepada teman atau istri Anda yang tangannya lebih telaten. Gunakan lem yang tidak berwarna supaya hasilnya tampak lebih rapi.

Bingkai foto dari kardus


Cantik bukan bingkai foto seperti ini? Untuk membuat penampilan berbeda pada sudut ruang rumah Anda ada langkah-langkah jitu yang mampu dilakukan selain juga dengan menambahkan hiasan – hiasan dinding yaitu dengan menghasilkan kerajinan tangan dari kardus yang enggak dipakai.

Kotak Tisu

Anda, terutama para perempuan pasti sangat membutuhkan tisu dalam kehidupan sehari-hari. Di samping untuk meratakan hasil make up atau menghapus sisanya, tisu sangat berperan menjaga kerapian dan kebersihan wanita. Apalagi selepas makan dan banyak aktivitas. Ketika keringat bercucuran, tisu akan membersihkan kilap minyak di muka sehingga lebih sedap dipandang daripada sebelumnya.

Tempat Tidur

Kami yakin apapun jenis kelamin Anda, Anda tahu yang namanya ‘barbie.’ Barbie yang diangkat dari film kemudian menjelma menjadi idola bagi anak-anak kecil utamanya anak gadis saat bermain bersama teman-temannya. Bahkan pamer kecantikan series barbienya sudah menjadi kegiatan mengasyikkan. Begitu pula dengan membelikan barbienya rumah lengkap beserta perabotannya, baju, sisir, tas mainan dan segala keperluannya.

Baca juga: Kerajinan Tangan dari Sedotan

Tas

Kami rasa tidak ada salahnya Anda membuat tas sendiri daripada menghabiskan kuota internet berburu koleksi tas yang modelnya sreg di hati. Anda benar-benar dibebaskan membuat tas secara custom karena ini Anda sendirilah yang akan memakai. Tidak harus sama persis dengan gambar di bawah ini.

 

Lampu Tidur

Penataan kardus yang zigzag akan membuat sinar lampu keluar secara zigzag. Sehingga suasana dalam kamar Anda sebelum tidur akan tampak lebih menyejukkan dibandingkan benar-benar gelap sunyi atau terlalu terang menggunakan lampu biasa.

Lampu Belajar

Berbeda dengan meja-meja di atas tadi. Gambar di bawah ini adalah meja yang fungsinya memang untuk belajar. Begitu pula dengan ornamen lampunya yang dibuat dari balutan kardus. Kaki lampu sengaja dibuat berbentuk kotak supaya ada ruang sisa yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang kecil. Tidak ada kesan murahan sama sekali dalam proses pembuatan meja belajar dilengkapi lampunya.

Rak Buku

Bagi Anda pecinta buku sepanjang masa, diduga Anda pernah memanfaatkan kardus bekas sebagai wadah buku. Bedanya dengan kerajinan tangan yang akan kami jelaskan ini ada pada model dan fungsinya. Pernahkah Anda merasa menghabiskan waktu saat harus mengambil buku sementara waktu sudah mepet.

Pesawat

Karya kerajinan tangan dari kardus yang dapat Anda buat adalah membuat pesawat. Ternyata bukan hanya robot yang bisa diciptakan dari potongan kardus bekas. Sebuah pesawat mainan yang biasanya mengambil kertas sebagai bahan dasarnya disadari tidak begitu kuat, mudah sobek dan hasilnya lebih kecil.

Bunga

Membuat bunga-bunga dari kertas sudah biasa, begitu pula bunga sedotan. Sekarang kami akan memperkenalkan bunga-bunga dari kerajinan tangan dari kardus. Mewarnai kardus menggunakan pewarna makanan rasanya sudah cukup untuk mengganti warna kardus supaya tampak lebih menarik.

Tank

Kalau tadi sudah menyenangkan anak perempuan, sekarang giliran anak laki-laki dibuatkan hadiah kecil sebagai tanda cinta. Perhatian berupa uang saku mungkin akan kalah kalau dibandingkan dengan tank yang Anda buat sendiri menggunakan kardus bekas minuman.

Pernah tau lipatan dalam kardus yag berleku-lekuk? Lekukan tersebut sangat pas dijadikan sebagai roda tank supaya terlihat lebih gagah. Lantas bagian tutup kardus yang notabenenya lebih keras ditumpuk sebagai bagian yang diberi tugas mengelola peluru siap tembak.

Skateboard

Memang belum banyak anak laki-laki yang menggandrungi benda satu ini. Namun pada saat mereka sudah masuk ke sekolah menengah, kemungkinan para anak laki-laki akan menaruh perhatian pada papan seluncur. Meluncur dari satu tempat ke tempat lain, melompat bersama sebuah papan di kaki, mengitari arena skate akan menjadi keasikan khusus yang banyak dirasakan remaja masa kini.

Tak heran bila di kota besar mulai banyak dibangun taman skateboard demi mewadahi kreasi anak muda tersebut. Jika mungkin kesayangan Anda salah satu dari laki-laki yang dimaksud, coba Anda buat miniatur skateboard lalu diberikan sebagai penyemangat saat latihan.

Sirkuit Tamiya

Nah, permainan legendaris bagi generasi 90 an sampai awal 2000 ini pasti bisa mengobati kerinduan. Sebut saja kerajinan tangan dari kardus yang unik ini sebagai salah satu benda nostalgia. Bukan untuk termehek-mehek mengingat kenangan. Yang ada justru tawa kecil dan senyum karena ingat masa-masa merasa sudah sangat keren jika dibelikan tamiya oleh mama. Permainan ini memang terbilang modern pada masanya.

Di saat petak umpet masih dilakukan sering, tamiya selalu dilirik anak-anak saat mamanya mengajak ke mall. Kebanggaan tambah tak bisa diungkapkan jika orangtua sanggup membelikan tamiya beserta sirkuitnya. Nah, daripada menyesali nasib dulu tidak punya sirkuit sendiri, Anda bisa memanfaatkan kardus bekas untuk dijadikan sirkuit bagi tamiya.

Robot

Membuat robot bukan lagi pekerjaan khusus laki-laki. Itulah kenapa jurusan robotik semakin banyak diminati dan cepat berkembang. Robot merupakan salah satu bentuk nyata kemajuan tekhnologi, tapi kali ini kita hanya akan membuat replikanya saja. Tentu hal ini disebabkan bahan dasar yang dipakai adalah kardus bekas.

Mencari kardus yang tekstur serta warnanya rata bukanlah hal mudah. Kami sarankan jangan mencarinya di pemulung supaya kardus tetap terjamin bersih. Potonglah bagian-bagian kardus supaya sesuai dengan contoh robot yang akan Anda buat replikanya. Boleh juga menambahkan mata menggunakan spidol supaya tampak lebih alamiah.

Pistol

Anak Anda punya cita-cita masuk ke militer? Atau Anda suka dengan hal-hal berbau uji nyali, uji ketahanan maupun strategi peperangan? Anda mungkin merasa bisa mengendalikan senjata adalah suatu kebanggaan tersendiri. Memang, melatih tangan bisa menembak dengan baik tidak secepat kilat.

Namun demi mengasah jiwa optimis bisa menggapai impian menjadi martir, Anda bisa langsung membuat senjata mainan kerajinan tangan dari kardus sebagaimana di bawah ini?

Pigura

Bingung mencari pigura foto yang indah? Custom saja dari kardus bekas. Mungkin kerajinan tangan dari kardus yang ini sudah sering diajarkan pada anak sekolah dasar ketika pelajaran keterampilan. Pigura ini bisa ditambahi ornamen2 seperti kerang dan pasir laut.

Tapi sebenarnya Anda tidak harus menambahkan ornamen yang sama persis dengan gambar contoh berikut. Apabila Anda hanya memiliki kulit kacang, Anda boleh membuat kreasi lain. Misalkan kulit kacang diremas lalu ditaburkan ke pinggiran pigura atau menata kulit kacang memakai pola tertentu.

Perahu

Masih berkutat pada jenis kendaraan. Kali ini kami akan memperkenalkan Anda pada kerajinan tangan dari kardus yang unik & cantik. Pemberian warna putih akan semakin meningkatkan kecantikan kapal. Arsitekturnya pun dapat dibuat sendiri.

Kendaraan yang berlayar di atas lautan luas ini akan menjadi saksi bahwa Anda sebagai orangtua sudah berusaha mendidik anak melalui tangan sendiri. Kapal laut yang merupakan salah satu jenis transportasi ini dapat diperkenalkan sejak dini supaya pengetahuan serta imajinasinya tumbuh dengan baik. Kapal-kapal mahal sekelas titanic yang pecah di tengah lautan bisa Anda hidupkan kembali dengan cara membuat kerajinan tangan dari kardus ini.

Tempat HP

Tempat duduk smartphone memang harus memiliki sifat kaku supaya kuat dijadikan tatakan dan kardus bukan pilihan buruk. Jadi daripada Anda beli tatakan smartphone, hemat saja uang Anda dengan cara ini. Lagi pula Anda tidak akan takut kelihatan kampungan karena tempat ini dibuat dari pilihan kardus berkualitas yang warnanya bersih.

Mobil

Transportasi darat lainnya adalah mobil. Kendaraan ini sanggup memuat banyak orang sekaligus. Makanya tak heran bila mobil dijadikan alternatif pilihan liburan bersama keluarga. Membuat kerajinan tangan dari kardus berupa mobil memang cukup rumit. Lubang mesinnya sampai model mobil seperti apa yang diinginkan tidak dibuat dalam semenit dua menit.

Tempat Parkiran

Setelah banyak jenis sarana transportasi, sekarang mari kita buatkan tempat parkirnya. Lihatlah gambar berikut ini. Buatlah tempat parkir yang sekiranya lebih luas dan muat diisi beberapa kendaraan. Tempat parkir tingkat menjadi ciri khas parking area masa kini.

Nah, untuk menambah nilai keprofesionalannya, Anda bisa membuat tempat parkir susun seperti gambar ini. Nantinya, bukan tamiya kerajinan tangan dari kardus Anda saja yang boleh diparkir di sini, angkutan kota sampai truk juga memiliki area sendiri-sendiri.

Rumah Kucing

Rumah kucing yang ini berbeda dengan di atas tadi. Coba tengok sedikit gambar di bawah. Kucing-kucing anggora yang bermain bersama ini tampak lebih unyu pada saat berada di dalam kandang dari tumpukan karddus yang dibentuk bulat. Menyusun sedikit demi sedikit potongan kardus yang berlipat-lipat akan menambah nilai ‘unyu’ pada rumah kucing kardus ini. Kreatif dan unik sekali bukan kerajinan tangan dari kardus tersebut.

Mikroskop

Anda pasti tidak menyangka kardus bekas dapat dipergunakan sebagai mikroskop kerajinan tangan dari kardus. Tentunya bukan mikroskop asli seperti milik laboratorium di sekolah Anda dulu. Mikroskop dari kardus ini dapat dijadikan media pembelajaran bagi anak-anak supaya lebih dekat dengan pembelajaran pengetahuan alam.

Meja

Meja untuk menaruh barang-barang kecil milik kita ternyata tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Carilah kardus dan bentuk menjadi meja yang bagus demi menambah nilai estetis. Warna kardus yang coklat polos membuat meja ini terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Tatakan / Tempat Laptop

Bagi Anda mahasiswa yang kamar kosnya sempit sampai tidak cukup dimasuki meja belajar, Anda bisa menerapkan tips di bawah ini. Berat meja tidak akan membuat kardus remuk. Pilihlah kardus yang cukup tebal lalu bentuk menjadi meja mini sebagai tatakan laptop. Tatakan ini akan tetap bertahan hingga beberapa lama asal Anda gunakan sesuai fungsinya.

Lampu Gantung

Lampu gantung ini bisa dikatakan sebagai lampion kerajinan tangan dari kardus. Menata potongan kardus secara zigzag ternyata membuat mata kita senang ketika memandang. Bagi Anda yang tidak terlalu suka sinar lampu mencolok, wajib membuat kerajinan tangan dari kardus bekas tersebut.

Lampu Hias

Ada berbagai macam lampu yang bisa dihasilkan dari kardus. Kesan romantis dan manis akan didapatkan dari lampu hias kardus. Namun Anda memang harus telaten membuatnya. Lampu hias ini tidak memakai lampu neon atau lampu elektrik lain. Penerangan ini memilih lilin kecil sebagai sumber cahayanya. Perhatikanlah penyajian ornamen pada gambar di bawah ini. Apakah menurut Anda sudah cukup romantis untuk sebuah penerangan yang temaram atau kurang terang? Jika masih kurang bisa ditambahkan beberapa lilin lagi di sekelilingnya.

Labirin

Ingin meningkatkan mood anak Anda? Membuat labirin bagi si mungil dapat merangsang otaknya yang sedang berada dalam usia emas. Keaktifan anak memecahkan persoalan dan mencari jalan keluar sangat menarik bagi para orangtua. Coba buatlah labirin dimana bagian start adalah posisi anak Anda berada.

Berikan instruksi sejelas mungkin tanda apa yang harus dia temukan sebagai kode bahwa dia berada di jalan benar atau salah. Jangan lupa hadiah kecil supaya dia merasa lebih dihargai setelah bebas dari jebakan labirin kerajinan tangan dari kardus.

Kursi

Lagi-lagi karena dipakai duduk manusia, disarankan bukan anak hyperaktif supaya lebih awet. Kecuali bahannya kayu kemudian baru dilapisi kardus supaya lebih empuk. Tidak ada pula yang melarang apabila Anda ingin menambahkan motif-motif di atas kardus coklat tersebut.

Kuda

Mengenalkan anak-anak pada nama hewan melalui gambar saja kadang masih sulit bagi sebagian anak. Anda perlu mencari alternatif lain yang lebih kreatif dalam mengenalkan hewan-hewan. Lihatlah Kuda yang tampak sangat bersahabat berikut. Anda pun dapat membuatnya sendiri.

Tinggal menambahkan bola mata buatan yang biasanya dipakai boneka, begitu pula rambutnya yang terbuat dari benang sulam serta sedikit spidol untuk memberi warna pada moncong Kuda supaya si anak lebih mudah mengingat deskripsi.

Tempat Amplop

Apakah Anda adalah salah satu orang yang masih setia dengan kegemaran langka ini? Membiasakan si kecil membaca, pergi ke kantor pos atau toko buku dapat melatih kecintaannya pada dunia literasi. Bukankah anak yang memiliki kemampuan berliterasi senantiasa memiliki nilai lebih dibandingkan anak lainnya? Buatkan tempat amplop bagi Anak-anak. Namun Anda juga harus mengajari dia menulis standar barulah memasukkan surat sederhana ke dalam amplop coklat.

Kereta

Sama-sama transportasi darat namun berbeda jauh. Kereta api yang setiap lewat meninggalkan suara bising berkepanjangan hingga lenyap di kejauhan hanya bisa berjalan di relnya sendiri. Kereta ini boleh juga kalau dipakai sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini. Guru yang tempat dinasnya di wilayah luar Jawa yang ketepatan belum ada kereta api sangat berperan penting dalam pengenalan transportasi darat ini supaya anak-anak dapat memegang dan merasai sensasi kereta api.

Hiasan Kepala Binatang

Jika biasanya hiasan dinding terbuat dari kepala binatang asli yang sudah diawetkan, sekarang kita gunakan kardus sebagai sarana pengganti. Kelestarian alam harus dijaga supaya keseimbangan alam tidak terabaikan. Bukan hanya kepala Rusa saja yang bisa dibuat. Anda bahkan dapat membuat gading gajah maupun kepala harimau kerajinan tangan dari kardus. Memang sangat rumit, bahkan mungkin hanya orang-orang berbakat saja yang bisa menciptakan hiasan kepala binatang dari bahan kardus bekas.

Tempat Burung

Bukan hanya Kucing saja yang rumahnya terbuat dari kardus, tempat burung pun bisa dibuat dari bahan sama. Cara membentuknya bisa menjiplak dari sarang burung-burungan yang biasa ada di televisi atau youtube kemudian Anda aplikasikan semua bahan menjadi bentuk serupa tempat burung di dalam rumah. Jangan lupa menambahkan warna di atas atap supaya terlihat lebih menarik.

Kamera

Kamera yang dimaksud tentu tidak benar-benar memiliki kemampuan sebagaimana kamera pada umumnya. Membuat kerajinan tangan dari kardus yang berupa kamera seperti begini memang bisa dikategorikan kreatif, unik, serta berbakat. Setiap detail bagian dari kamera dapat dia buat. Walaupun belum bisa dipergunakan memotret, setidaknya kamera mainan ini tidak memalukan untuk dijadikan pajangan atau teropong keadaan.

Jam Dinding

Di rumah Anda mungkin sudah ada jam dinding bahkan lebih dari satu buah. Tapi Anda dapat menciptakan kreasi pengingat waktu menjadi lebih meriah menggunakan kardus bekas. Gambar jam dinding ini hanyalah contoh kecil. Anda bisa lebih kreatif lagi membuat jam dinding sesuai dengan selera. Tema kebun binatang, kebun bunga maupun kerajaan bisa diatur memakai kardus bekas. Hanya saja Anda masih sangat perlu warna-warna sebagai penyemarak. Anda dapat memakai pensil warna atau kertas yang digunakan untuk mencetak pola binatang atau tema sesuai keinginan Anda sendiri.

Istana

Jika biasanya puzzle bongkar pasang membuat anak Anda terkagum-kagum, sekarang kardus bekas akan membuat anak Anda duduk manis di lantai. Siapkan lidi kecil atau bisa juga memakai tusuk gigi, bendera berasal dari kertas dan kertas kaku (kertas karbon) sebagai atap istana yang bentuknya kerucut. Bukan hanya istana bergaya Eropa saja, Anda bahkan sangat dipersilahkan membuat kreasi gaya istana baru dengan mengadopsi arsitektur keraton zaman dulu di bumi nusantara.

Alat Berat

Menumbuhkan kecintaan anak-anak pada sains dan tekhnologi tidak melulu harus menghabiskan banyak dana sebagai kompensasi percobaan. Anda bisa membuatnya menggilai sains dengan mengajak si jagoan mengkontruksi alat-alat berat. Tambahkanlah suntik mainan di antara alat-alat tersebut supaya seakan-akan dia benar-benar sedang mengkontruksi alat berat.

Gitar

Apalagi ternyata hadiahnya mungil dengan bahan kardus. Keanehan ini mungkin akan membuat si dia sulit melupakan barang pemberian Anda. Jangan lupa membeli senar untuk dipakaikan pada gitar. Meskipun suaranya jauh beda, fungsi gitar ini memang bukan buat latihan, melainkan menumbuhkan kecintaan dan memacu semangat latihannya.

Gantungan Baju

Letakkan di luar ruangan saat cuaca sedang kering, jangan sampai ketika hujan gantungan baju dari kardus ini dibiarkan. Bagaimanapun, kita harus ingat bahan kardus tidak bersifat anti air. Sehingga memang wajib antisipasi segera memberesi jemuran sejak tanda hujan terlihat.

Celengan

Bank konvensional memang memberikan jaminan lebih dibandingkan celengan ayam. Tapi pernahkah Anda merasa kerepotan datang pergi ke bank, mengantri lama sementara waktu luang Anda sempit. Memiliki celengan pribadi tidak akan membuat Anda malu jika memasukkan koin bernilai apapun. Celengan pun bisa dibuat dari banyak jenis , mulai tanah liat hingga yang akan kita bahas ini yaitu kardus.

Burung Hantu

Jika Anda memiliki usaha cafe, burung hantu ini bisa dipertimbangkan menjadi pemanis ruangan. Bulatan jarum pentul berwarna hijau atau bahan sejenisnya cocok diletakkan pada mata. Burung hantu coklat ini tidak akan tampak mengerikan, apalagi mematikan.

Coba amati saja, pandangannya justru menyiratkan kesedihan. Gulungan-gulungan kardus yang menciptakan dirinya dapat rusak kapan saja. Oleh karenanya jangan sampai lupa memberi lem pada setiap gulungannya secara rapi.

 

Bola dunia

Bola Dunia dari Kardus

Siapa sangka bola dunia ternyata tidak selalu terbuat dari plastik. Sebenarnya ada banyak anggaran yang dapat dihemat akibat keberadaan bola dunia alias globe dari kardus. Syaratnya Anda mesti bersabar hati saat proses pembuatan bola dunia. Tentu saja tetap ada peta di permukaannya, dan catatannya globe ini tetap bisa memutar sebagaimana globe lainnya.

Bola


Anak Anda mungkin penggila sepak bola. Bagaimana kalau Anda coba membuat sebuah bola raksasa dari serpihan kardus bekas yang sudah tidak terpakai tapi bagus. Latih psikomotoriknya. Ajak dia berjalan-jalan sambil mendorong bola sampai tujuan tertentu. Tentu Anda jauh lebih mudah membuat kerajinan tangan dari kardus yang unik dan dapat bernilai jual tinggi.

Boat

boat dari kardus
Kapal boat memang sama-sama transportasi laut bersama kapal biasa. Anda pun tetap bisa membuat miniatur kapal boat sama seperti dicontoh. Lagi-lagi di sini warna coklat mendominasi barang. Pastikan warna kapal boat yang akan mengantar Anda berlayar warnanya sesuai harapan. Karya kerajinan tangan dari kardus ini tidak sulit untuk dibuat.

Biola

Biola Dari Kardus
Biola memang salah satu alat musik romantis. Mungkinkah Anda membuat biola kerajinan tangan dari kardus? Jawabannya mungkin. Tinggal Anda menambahkan coretan-coretan khas musik pada badan biola. Begitu pula tambahan dawai yang akan dipetik dan digesek saat dimainkan. Bayangkan Anda mendapat banyak sorakan ketika memainkan biola kardus ini. Asal jangan sampai yang dimainkan lagu ‘lelaki kardus’ karena kardus bekas tidak bisa menyaingi ciptaan Tuhan tersebut.

Bus

bajai dari kardus

Justru bagi Anda yang keluarganya tergantung pada penghasilan angkutan umum, Anda dapat membuat kerajinan tangan dari kardus ini menjadi penyemangat. Boleh juga menjadikannya gantungan kunci, tinggal menambahi penggantung kunci.

Vespa dari kardus

Vespa Dari Kardus
Vespa kerajinan tangan dari kardus ini merupakan kendaraan jaman kuno. Perlu diingat, keberadaan vespa saat ini masih belum benar-benar punah. Masih saja ada orang-orang yang melestarikan vespa. Baik sudah dimodifikasi supaya peforma meningkat maupun terlihat lebih luas sehingga dapat dipakai berboncengan bersama kekasih.

Truk dari kardus

truk dari kardus
Dilihat dari fisiknya, truk ini tidak lebih menarik dari kendaraan-kendaraan yang dihasilkan oleh kerajinan tangan dari kardus lainnya. Anda membutuhkan minimal 12 buah kancing baju untuk dijadikan rodanya truk. Selanjutnya susun kardus sesuai besaran bagiannya dalam truk.

Topi dari kardus


Bagaimana lucunya bayi-bayi Anda dengan topi di kepalanya? Jika umumnya Anda memberinya topi rajut untuk menghangatkan kepalanya, sekarang Anda perlu mencoba memakaikan topi bundar ke atas kepala kecilnya. Tapi tahukah anda bawha topi tersebut merupakan karya kerajinan tangan dari kardus yang bahanya sendiri sudah jarang orang memanfaatkannya kembali.

Topeng dari kardus

Topeng Dari Kardus
Ini bukan diakibatkan oleh festival topeng saat pemilu raya. Topeng yang dibuat memang disesuaikan kebutuhan. Topeng super hero atau topeng badut kerajinan tangan dari kardus kebutuhannya disesuaikan kita lagi. Anda bisa lihat topeng yang kami pampang

 

Sekian berbagai contoh kerajinan tangan dari kardus yang dapat kami sampaaikan, semoga Anda bisa berkreasi di rumah dan mau berbagi cerita di kolom komentar dibawah ini. Saya yakin Anda dapat jauh lebih menarik dalam membuat kerajinan tangan dari kardus ini.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.