130+ Kerajinan dari Kain Flanel Yang Mudah Dibuat, Menarik!

Kerajinan dari Kain Flanel – Meskipun  bukan merupakan kebutuhan pokok, memiliki benda kerajinan tangan rasanya sudah pasti menjadi bagian dari hidup seseorang. Entah dalam bentuk asbak, pajangan dinding di rumah, gantungan kunci sampai alat-alat rumah tangga yang didesain unik masih banyak diincar orang.

Salah satu bahan untuk membuat kerajinan berbagai bentuk yaitu kain flanel. Kerajinan dari kain flanel begitu populer di kalangan para tangan kreatif. Pantas saja jika para pengrajin memilih bahan ini. Bagaimana tidak apabila bahan flanel bersifat lembut hampir seperti karpet dilengkapi berbagai variasi warna yang mencolok untuk dijadikan kerajinan. Kalau sudah begini pastinya tangan orang kreatif akan lebih mudah mengolahnya. Dengan menjadi  favoritnya kain flanel di dunia kerajinan tangan, banyak orang tergiur mengambil kondisi ini sebagai kesempatan mendulang uang. Mungkin Anda sendiri juga menemukan kain ini di toko sekitar tempat tinggal Anda?

 

Berikut ini adalah berbagai macam contoh kerajinan dari kain flanel yang dapat Anda jadikan inspirasi.

Gelang Kepang Dengan Kain Flanel

cara membuat kerajinan gelang dari kain flanel

Pasti Anda sering melihat teman di sekolah memakai gelang kepang dari tali. Bagaimana kalau tali-tali maupun senar itu diganti dengan kain flanel? Tenang saja, gelang kepang hanya membutuhkan sedikit jahitan juga kain. Bahkan Anda sangat dianjurkan memakai kain sisa saja supaya menambah nila kebermanfaatan. Karena bebas desain dan warnanya, Anda pun bebas menyesuaikan dengan selera remaja masa kini.

Keychain

cara membuat kerajinan gantungan kunci dari kain flanel

Sebenarnya tidak harus berbentuk donat. Tapi di sini kita beri contoh gantungan kuncil flanel yang berbentuk donat karena unik. Kerajinan ini sangat cocok bagi Anda yang merasa memorinya jangka pendek saja. Jangan sampai kunci penting Anda hilang. Walau tidak menjamin, tapi menggantungkan kunci pada keychain unik dan cukup besar akan membuatnya lebih mudah dikenali saat lupa meletakkan.

Bros Wanita Dari Kain Flanel

cara membuat kerajinan Bros bunga dari kain flanel

Bagi para ibu-ibu dan calon ibu yang beragam Islam, memakai bros pastinya sudah menjadi ritual saat mengenakan jilbab. Kebanyakan bentuk yang diminati adalah bebungaan. Membuat kerajinan dari kain flanel saat ini banyak dijual di pasaran, jika Anda berminat siapa tahu dari situ rezeki Anda bisa bertambah.

  1. Pernak-pernik Bantal

cara membuat kerajinan bantal dari kain flanel

Yang pertama perlu  diingat bantal yang dipakai tentunya sudah dipakaikan sarung bantal. Barulah kita akan menghias sarung bantal tersebut supaya lebih cantik. Keindahan sekitar saat menjelang tidur bisa menambah ketenangan bukan? Gunakan warna dengan pola berbeda saat menghias bantal supaya lebih gemas ketika ditiduri.

  1. Sampul Buku

cara membuat kerajinan cover buku dari kain flanel

Bagi Anda yang suka membaca buku, bisa mencoba kerajinan tangan yang satu ini. Tinggal tambahkan ornamen-ornamen di atas kain. Oh iya, sebelumnya kain flanel sudah dijadikan sampul ya, supaya lebih mudah mengatur posisi ornamen. Selain buku bacaan, buku harian yang diberi sampul dari flanel pasti akan terlihat menjadi kesayangan.

  1. Replika

contoh cara membuat kerajinan dari kain flanel

Membuat replika barang sehari-hari seperti mobil, kapal laut, becak dan lain-lain dalam bentuk miniatur juga cukup menarik. Jika biasanya dibuat dari kayu, bagaimana kalau sekarang hasil kerajinan dari kain flanel lalu dipajang di ruang tamu? Sudah bisa membayangkan?

  1. Bantal Telur

cara membuat kerajinan Telur Hias dari kain flanel

Kerajinan yang satu ini lebih cocok diletakkan di ruang privasi. Tentu saja yang dimaksud bantal bukan bantal yang digunakan sebagai tatakan kepala saat kita tidur. Bantal telur ini memang berbentuk telur tapi diisi dengan dakron atau kapas supaya bisa menggelembung.

 

  1. Boneka Jari

cara membuat kerajinan boneka dari kain flanel

Wayang yang merupakan salah satu bentuk boneka ini memang tampak lucu. Terlebih apabila digunakan untuk mendongeng. Anak-anak akan lebih berkonsentrasi pada ibu jika memakai wayang jari dari flanel. Coba saja mulai menceritakan cerdiknya kancil, pintarnya tikus menyelematkan raja hutan atau Adit dan Sopo Jarwo yang suka ditonton si kecil.

  1. Bed Cover

cara membuat kerajinan bed cover dari kain flanel

Para ibu yang baru melahirkan anak-anaknya pasti bahagianya bertambah setelah menerima hadiah bed cover mini bagi si kecil. Selimut bayi ini memanglah sangat lucu karena dipadukan dengan kain selimut lain. Benar-benar di kado anti mainstream.

  1. Bingkai Dari Kain Flanel

cara membuat kerajinan bingkai dari kain flanel

Membingkai kenangan pada benda yang bisa disentuh rasanya bisa memberi kepuasan tersendiri. Anda dapat mempercantik bingkai foto dengan cara menambahkan pernak-pernik di pinggirannya. Buatlah kenanganmu lebih berwarna-warni.

  1. Dadu Flanel

contoh kerajinan dari kain flanel

Tentu saja  tidak untuk digunakan orang dewasa. Dadu flanel diperuntukkan balita mengingat kelembutan bahan. Bagi Anda yang anaknya masih berusia dua tahunan pasti khawatir dengan setiap benda di sekitarnya. Jangan-jangan nanti dia memasukkan benda berbahaya ke mulut. Nah, dengan dadu flanel ini resiko saat bermain dan mengenal benda bisa diminimalisir tingkat bahayanya.

 

  1. Lepek

cara membuat alas cangkir dari kain flanel

Dalam bahasa Jawa, alas cangkir disebut lepek. Buatlah pola dasar yaitu persegi dengan gerigi di setiap sisinya. Begitu pula dengan pola isi atasnya yang mengambil bentuk hati. Kalau sudah,  satukan menggunakan lem. Alas cangkir semacam ini dapat menambah pemasukanmu jika diproduksi dalam variasi kreasi yang berbeda. Cara membuat kerajinan dari kain flanel sangatlah mudah, kita hanya membuat polanya seperti apa dengan pensil lalu tinggal menggunting sesuai pola.

  1. Kantong Tisu Dari Kain Flanel

cara membuat kerajinan tempat tisu dari kain flanel

Sering memakai tisu di setiap aktivitas harian? Beberapa orang bahkan memiliki tisu di setiap ruangan ditambah tisu cadanga di tas bepergian. Merawat wadah tisu akan terlihat lebih elegan jika memanfaatkan kain flanel. Nah ini biasanya kerajinan dari kain flanel berikut ini menjadi favorit ibu – ibu untuk meletakan tisu di sudut ruangan.

  1. Wadah Kacamata

cara membuat kerajinan tempat pensil dari kain flanel

Baik perempuan maupun laki-laki zaman sekarang sudah banyak yang terkena penyakit mata. Serangan yang sering datang dalam bentuk minus ini membuat penderitanya harus pergi ke optik untuk mencari kacamata yang bisa membantu. Tentunya bukan hanya nilai fungsi saja yang dipertimbangkan, melainkan juga estetika alias keindahan.

Anda pun bisa mengubah kain flanel sebagai pemanis sederhana pada wadah kacamata. Ingat, belum banyak orang yang mengolah kain flanel menjadi wadah kacamata. Sehingga lagi-lagi Anda dapat menjadikan hal ini sebagai peluang usaha baru. Berani mencoba?

 

  1. Kerajinan Tas Flanel Dari Kain Flanel

cara membuat kerajinan tas dari kain flanel

Daripada tas sekolah, tas hasil kerajinan dari kain flanel lebih cocok dipakai untuk keluar saat nge-mall, ngafe atau hang out bersama teman. Namanya juga tas, inginnya pasti lebih besar daripada dompet. Kalau begitu Anda harus rela membeli kain flanel lembaran. Semakin besar tasnya maka semakin banyak juga kain yang dibutuhkan. Supaya tidak mudah lepas dari talinya maupun antar kain, jangan dijahit manual. Disarankan menjahit tas flanel menggunakan mesin jahit. Tujuannya supaya lebih kuat namun juga rapi. Terakhir, berikanlah hiasan di bagian luar tas supaya terlihat lebih menarik.

  1. Taplak

cara membuat kerajinan taplak meja dari kain flanel

Penutup meja ini yang penting jangan dipakai untuk meja makan. Taplak meja yang warnanya dibuat menyerupai karpet pasti ‘unyu.’ Desain unik di atas taplak meja akan membangkitkan gairah belajar maupun beraktivitas. Kita bisa juga membuat kerajinan dari kain flanel yang bernilai fungsi seperti dibuat sebagai taplak meja.

  1. Sepatu

cara membuat kerajinan sepatu dari kain flanel

Selanjutnya kita kembali lagi bermain bersama anak-anak. Pernah tahu ada anak kecil yang gembira memamerkan sepatu baru mereka kepada teman-temannya? Selain baru, bisa jadi ada keistimewaan sepatunya dari milik teman lain. Mungkin bisa memberi nyala lampu saat berjalan, bisa bernyanyi atau warnanya unik.

Nah, sepatu bayi dari flanel pun akan membuat si buah hati bangga dengan pemberian ayahanda – ibunda. Sebagai orangtua, Anda lebih tahu selera buah hati dibandingkan pengrajin lainnya. Tenang saja, membuat sepatu bayi lebih simpel dari sepatu dewasa. Kalau anak Anda suka, kemungkinan besar begitu pula dengan anak lainnya.

Coba saja membuka jasa desain sepatu bayi. Sediakan fitur custom desain supaya sesuai dengan selera anak yang akan memakainya. Ketahui ukuran kaki bayi, jahit manual menggunakan jarum dan benang yang warnanya serasi. Barulah di akhir, kita memberi pernak-pernik tambahan. Pastikan tidak ada jahitan yang tidak rapi atau masih belum rapat. Semua ini akan berpengaruh kepada kenyamanan serta keawetan sepatu anak Anda. Jadi, cek sebelum menghadiahkan kepada anak Anda yang aktif.

  1. Ikat Pinggang

cara membuat kerajinan sabuk dari kain flanel

Lagi-lagi menyasar anak-anak. Cukup menggunakan kain sepotong dengan cincin D. Lucu ya pasti kalau anak Anda yang masih dalam masa pertumbuhan berjalan ke sekolah mengenakan ikat pinggang ini. Ikat pinggang ini tidak sulit dibuat kok. Dengan membuat kerajinan dari kain flanel seperti ini, Anda bisa mengkreasikan dengan yang lain juga seperti membuat ikat rambut, sarung tangan yang tentunya terbuat dari kain flanel juga.

  1. Kuncir Rambut

cara membuat kerajinan pita rambut dari kain flanel

Khusus untuk gadis ya, jangan laki-laki gondrong. Anak perempuan yang sedang beranjak dewasa pasti akan lebih manis mengenakan kuncir rambut dari flanel. Boleh juga anak kecil yang sudah panjang rambutnya menggunakan pita kain flanel yang sepotong ini di atas rambutnya. Cukup dengan kain sisa saja, tidak usah membeli lembaran kain flanel supaya lebih hemat.

  1. Penggulung Kabel

cara membuat Penggulung Kabel Hp dari kain flanel

Pernahkah Anda ingin selalu aman pada saat  melepaskan kabel? Pelindung kabel ini akan mewujudkan impian Anda. Gunakanlah potongan kain flanel yang Anda miliki. Ambil beberapa lantas gulung kabel dengan teratur supaya bergaya. Anda bisa membuat karya kerajinan dari flanel ini untuk merapikan kabel kabel yang selama ini menggantung dimana mana.

  1. Pernak-pernik Dari Kain Flanel

cara membuat kerajinan hiasan dari kain flanel

Pernak-pernik ini bentuknya mirip dengan ayam. Apakah Anda penasaran bagaimana cara membuatnya? Gabungkan berbagai macam warna kain flanel yang Anda miliki. Lebih asik lagi kalau Anda tidak memakai warna sama. Memang tampaknya ribet. Jadi Anda perlu memahami dulu cara pembuatannya. Yang terpenting adalah tahu dan bisa menjahit karena di situlah kunci menghasilkan pernak-pernik lucu.

  1. Tas Bobo

cara membuat kerajinan boneka lucu dari kain flanel

Cara membuat benda ini mudah kok. Bahkan bila Anda ingin anak Anda membantu supaya bisa belajar ketrampilan pun sangat diperbolehkan. Membuat tas tidur atau boneka hewan dapat dibuat dari potongan kain flanel sisa. Diantara hasil kerajinan dari kain flanel sebelumnya, karya berikut ini sangat mudah dalam pembuatannya.

  1. Baju

cara membuat hiasan baju dari kain flanel

Hasil kerajinan dari kain flanel selanjutnya adalah kaos. Kalau Anda punya kaos polos dan sudah bosan karena tidak ada pemanisnya sama sekali, mungkin Anda dapat menaruh pernak-pernik flanel di atasnya. Pola yang diinginkan dibentuk dulu pada flanel baru kemudian dijahit di atas kaos polos tersebut. Pasti kaosnya lebih hidup kan daripada kosongan tadi?

  1. Pin

cara membuat Pin dari Kain Flanel

Kenapa kemudian ide kreatif ini disukai banyak orang? Karena kain flanel biasanya dibuat sebagai kerajinan tangan sementara pin zaman sekarang banyak keluar dari percetakan. Jadi pin hasil kerajinan dari kain flanel ini akan menjadi ide unik bagi Anda yang suka mengoleksi pin. Bisa ditaruh di tas atau kalau kepepet menggantikan posisi bros pada jilbab.

  1. Ikat Kepala Flanel

cara membuat ikat kepala dari kain flanel

Ikat kepala orang Jawa punya motif, begitu pula suku lainnya. Boleh dong Anda berkreasi dengan membuat ikat kepala bermotif kerajinan dari kain flanel. Tempelkan kain flanel yang elastis ini di atas ikat kepala dan pastikan penyusunannya akan mempercantik buah hati Anda yang memakai.

Bagaimana menurut Anda mengenai hasil kerajinan dari kain flanel diatas? sangat menarik bukan. Ternyata kain flanel bekas yang sudah kita buang selama ini masih mempunyai nilai seni bila kita berusaha kreatif.

2 pemikiran pada “130+ Kerajinan dari Kain Flanel Yang Mudah Dibuat, Menarik!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.