Inilah Jenis-Jenis Kopi Nusantara Paling Mahal dan Populer

Jenis-Jenis kopi – Seperti yang Anda ketahui, Indonesia adalah negara yang memiliki banyak hutan yang luas, misalnya Sumatera, Jawa dan Sulawesi. Dengan banyaknya hutan yang ada di Indonesia, banyak daerah yang memanfaatkan hutan tersebut untuk menjadikannya sebagai kebun.

Hal tersebut tentunya bukan hanya bermanfaat bagi perorangan saja , namun juga akan bermanfaat bagi negara, dimana hasil kebun tersebut dapat dijadikan sebagai salah komoditas penghasilan utama negara.

Selah satu kebun yang banyak terdapat di Indonesia adalah kebun kopi, karena memang beberapa wilayah di Indonesia memiliki iklim yang sesuai dengan pertumbuhan pohon kopi.

Bahkan hingga saat ini telah tercatat ada 1,24 juta hektar perkebunan kopi mencakup 933 hektar perkebunan robusta dan 307 hektar perkebunan arabika.

Secara lebih jelas, berikut ini beberapa kopi yang nusantara serta karakteristik biji kopinya:

1. Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo
Kenikmatan Kopi Aceh Gayo | Sumber: gayolandcoffee.com

Disebut sebagai kopi Aceh Gayo, sebab kopi nusantara ini dihasilkan oleh masyarakat Gayo, Aceh yang bertani kop. Kopi yang berasal dari Serambi Mekah, Aceh ini mendominasi jenis kopi varietas Arabica.

Banyaknya jenis kopi varietas Arabica yang dihasilkan, maka tak heran jika jenis kopi ini merupakan produksi varietas terbesar di Asia.

Ciri khas yang dimiliki oleh kopi Aceh Gayo yaitu memiliki rasa pahit tidak tertinggal di lidah, sehingga kopi jenis ini hampir tidak terasa.

Baiknya lagi, kopi Aceh Gayo ditanam dengan cara yang organik, sehingga memiliki rasa yang lebih nikmat dibandingkan kopi Blue Mountain yang berasal dari Jamaika. Hal ini karena kopi jenis ini memiliki citra rasa yang harum, gurih dan tidak pahit.

2. Kopi Toraja

Jenis Kopi Terbaik
Biji Kopi Toraja | Sumber: everydaycheapskate.com

Seperti namanya, kopi Toraja ini berasal dari dataran tinggi di Kabupaten Tanah Toraja, Sulawesi Selatan. Jenis kopi ini terkenal memiliki citra rasa yang unik, maka tak heran jika banyak yang menyukainya. Bahkan Kopi Toraja memiliki 2 jenis, yaitu kopi Toraja Robusta dan kopi Toraja Arabika.

Yang membedakan kedua jenis kopi ini yaitu pada kandungan kafeinnya, dan yang sama adalah memiliki kandungan asam yang cukup rendah. Meski memiliki perbedaan dalam hal kandungan, namun kedua jenis kopi Toraja ini memiliki rasa yang unik dan khas berbeda dengan jenis kopi lainnya.

Sedangkan sensasi rasa pahit akan langsung menghilang sesaat ketika diminum pada pertama kali, sehingga tidak akan meninggalkan rasa pahit. Sebagai saran penyajian, sebaiknya untuk menikmati sensasi citra rasa khas kopi ini, menggunakan kopi tubruk.

3. Kopi Jawa

Jenis Kopi Nusantara dari Jawa
Kopi Jawa | Sumber: kopijawa.net

Berasal dari Tanah Jawa, jenis kopi ini memiliki citra rasa yang berbeda, dimana rempah-rempah alami yang terkandung di dalamnya membuat kopi Jawa memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis kopi lainnya.

Umumnya biji kopi Jawa disebut dengan old brown dengan bentuknya yang besar serta memiliki kandungan rendah asam.
Karena diproses dengan cara digiling, maka tak heran jika citra rasa yang dihasilkan kopi Jawa terlalu kuat.

Jika Anda pecinta kopi maka wajib mencoba jenis kopi yang satu ini. yang paling terkenal dalam jenis kopi Jawa yaitu jimpit dan Balwan.

4. Kopi Wamena

Jenis Kopi Nusantara dari Papua
Panen Biji Kopi | Sumber: papuacoffees.com

Karena Kopi Wamena berasal dari wilayah Timur Indonesia yaitu Papua, serta Tumbuh pada ketinggian 1.500 mdpl dengan suhu 20oC, maka menjadikannya kopi jenis ini memiliki citra rasa ringan dengan keharuman yang tajam.

Kopi Papua Wamena tumbuh pada letak geografis dan struktur tanah yang mendukung pertumbuhan kopi ini, sehingga kopi Papua Wamena mempunyai tingkat keasaman yang rendah.

Apalagi dengan cara penanaman organis, maka menjadikan kualitas kopi ini sangat tinggi, karena sama sekali tidak mengandung bahan kimia, sehingga tidak akan mempengaruhi citra rasanya.

5. Kopi Flores Bajawa

Jenis Kopi Nusantara dari Flores
Produk Kopi Flores Bajawa | Sumber: cintacoffee.com

Kopi Flores Bejawa berasal dar pegunungan Flores yang memiliki kandungan andosols subur yang dikenal sebagai media penanaman kopi yang tepat. Apalagi cara proses pembuatan kopi Flores Bajawa menggunakan metode giling basah, maka membuat citra rasa jenis kopi ini sangat nikmat dibandingkan dengan jenis kopi nusantara lainnya.

Aroma yang dimiliki oleh jenis kopi Flores Bajawa adalah frutiy serta sedikit tambahan bahan baku pada after taste-nya. Sehingga kopi ini memiliki keunikan tersendiri yang tak dimiliki oleh jenis kopi yang ada di daerah lain.

6. Kopi Kintamani

Jenis Kopi Nusantara Kintamani
Biji Kopi Kintamani | Sumber: sparkplugcoffee.com

Seperti namanya, jenis kopi ini berasal dari daerah Kintamani Bali. Keunikan yang dimiliki oleh kopi Kintamani adalah memiliki citra rasa buah-buahan yang asam dan segar.

Hal ini karena, proses penanaman kopi Kintamani menggunakan sistem tumpang sari, dimana di taman berdampingan dengan jenis tanaman lain seperti sayuran dan buah jeruk. Selain mempunyai citra rasa buah, kopi Kintamani memiliki karakteristik yang lembut dan tidak.

7. Kopi Lanang

Jenis Kopi Nusantara Kintamani
Biji Kopi Kintamani | Sumber: ethiopianwildcoffee.com

Disebut sebagai kopi Lanang, karena jenis kopi ini memiliki bentuk biji bulat, tunggal serta tidk berbelah seperti halnya pada biji kopi biasnya. Jenis kopi ini tumbuh di ketinggian 1800 mdpl suhu 20-30 oC, dimana kopi Lanang berasal dari Banyuwangi Jawa Timur.

Selain itu, kopi Lanang juga dapat dihasilkan dari jenis kopi Robusta dan kopi Arabika. Dan aroma yang dihasilkan jenis kopi ini lebih kuat dibandingkan lainnya, karena mengandung banyak senyawa Tribulus Terresrtis.

Dengan kandungan tersebut maka kopi Lanang memiliki kanungan kafein 2.1%, sehingga wajar jika harganya lebih mahal dibandingkan lainnya.

8. Kopi Sidikalang

Kenikmatan Kopi Sidikalang
Aroma Kopi Sidikalang | Sumber: kapanlagi.com

Kopi terbaik selanjutnya yang ada di Indonesia dalah Kopi Sidikalang, karena jenis kopi ini memiliki citra rasa yang nikmat. Sehingga tak heran jika banyak pecinta kopi yang menyukai jenis kopi ini.
Dengan citra rasanya yang nikmat ini, Kopi Sidikalang menjadi kompotitor dari kopi Brazil.

Hal tersebut karena jenis kopi ini merupakan kopi yang memiliki tekstur paling halus diantara jenis kopi yang ada di dunia.

Bagi Anda pecinta kopi, tentunya harus merasakan sensasi rasa pada setiap jenis kopi nusantara pada penjelasan diatas.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.