177+ Gambar Grafiti Tulisan Huruf Nama dan Cara Membuatnya

Gambar Grafiti – Grafitti merupan sebuah seni menoreh, menggambar atau bisa diartikan sebagai tindakan menulis yang spontan dilakukan hingga berakibat pada kemunculan visualisasi unik dan khas dalam format penulisan, bentuk huruf serta karakter pesan yang diberikan (biasanya berkaitan pada kondisi sosial dan budaya di tempat seniman pembuatnya).

Karena grafitti dianggap sebagai karya seni, maka pembuatnya pun para seniman, entah media yang digunakan plat logam, tembok, kanvas atau kayu-kayu lempeng dan tiang jembatan di metropolitan. Grafitti sekarang ini sudah memasuki zona kemajuan, baik grafitti formal yang medianya memakai benda-benda tadi maupun grafitti modern yang medianya menyesuaikan teknologi. Contohnya teater, performance art, film dan video. Seni rupa tingkat dunia pun tak pernah ketinggalan menghadirkan karya grafitti sebagai kekuatan besar  hasil pengolahan visual.

Manfaat Hobi Grafitti

grafiti lucu

Bagus tidaknya seni grafitti dilihat dari dua aspek, yakni teknis dan isi. Hal-hal menyangkut teknis penulisan grafitti meliputi format dan bentuk yang semuanya tidak bisa dilepaskan dari unsur visual yang ekspresif serta bernilai estetik tinggi. Sementara aspek kedua, isi grafitti dinilai dari kedalaman pesan yang mengabarkan tentang kebudayaan, carut marutnya ekonomi, betapa kacaunya dunia perpolitikan maupun menyedihkannya kehidupan sosial di tempat seniman pembuatnya.

Semuanya bisa pula dibuat dalam konteks positif seperti betapa indahnya toleransi di negara kita. Pesan dalam isi grafitti sengaja dibuat supaya dapat menginspirasi, menyentuh sisi humanis orang yang melihat dan mendorong orang-orang melakukan sesuatu. Dari sini kita sudah dapat menyimpulkan bahwa grafitti tidak hanya indah, tapi juga puitis, mengaharu biru, absurd tapi tetap bermakna dalam.

Level dalam Membuat Grafitti

Seni grafitti mengambil peran dalam perubahan tata kota supaya lebih baik dari sebelumnya. Bagi para pejabat yang memberikan ruang berekspresi para seniman grafitti, seni penulisan kata-kata ini dapat mempercantik sudut-sudut kota di tempat yang telah ditentukan. Catatannya, kata-kata yang ditulis selalu bermakna positif.

Jangan sampai senima grafitti menyalahgunakan kepercayaan pemerintah yang mengapresiasi keberadaan seniman (didominasi generasi muda) ini. Jadi untuk menjaga kepercayaan ini, tampilkanlah grafitti tanpa unsur kekerasan yang tidak mendidik pembaca anak-anak, menyinggung suku, agama, ras, golongan tertentu, memicu konflik antar komunitas grafitti itu sendiri. Di sinilah seni grafitti akan dapat tumbuh dengan baik bersama pupuk yang bergizi dari pihak dibutuhkan.

Mudah

Level satu adalah cara membuat grafitti yang termudah. Penulisan paling gampang ini menggunakan huruf tebal yang berada dalam ruangan lebar antara keduanya. Selanjutnya tambahkanlah kontur mengelilingi semua huruf tadi supaya kelihatan lucu. Arsir dan warnailah.

Sedang

grafiti lukisan

Cara level moderat dalam pembuatan grafitti yaitu : gambarlah garis luar dari kata yang akan Anda tuliskan tanpa membuat sketsa sebelumnya. Buatla secara telaten huruf per huruf lantas menuju ke bentuk lalu isi outlinenya sebelum terakhir menambahkan efek.

Sulit

grafiti 3 dimensi

Level teratas ini bahkan masih sulit dilakukan seniman senior. Bagi pemula pada level sulit, sebaiknya gunakan sketsa sebagai alat bantu karena di sini gelap terang, kedalaman, efek komposisi semua dilakukan dalam proses yang sama.

  1. Untuk bisa menjadi jagoan pada level sulit ini, maka Anda sudah harus akrab dengan tulisan grafitti. Latihlah diri Anda mengamati tulisan grafitti. Pengamatan ini bukan hanya sekedar membiasakan mata melihat font grafitti, tapi juga mengamati komposisi apa yang dipakai. Amati sebanyak mungkin grafitti  yang mungkin dicari.
  2. Buatlah sketsa huruf seperti keinginan Anda. Mulai saja dari hal simpel, semisal nama kekasih Anda.
  3. Pikirkanlah baik-baik gaya apa yang ingin Anda terapkan. Pilih satu saja. Misalkan Anda memilih huruf menari.
  4. Gambarlah garis outline dari setiap huruf. Setelah cocok baru Anda menggambar seluruh hurufnya.
  5. Anda harus membuat setiap huruf yang ada menjadi mengesankan. Ingat, seni di sini menghindari penggambaran matematis yang jawabannya pasti. Jadi mainkan ide kreativitas.
  6. Jangan lupa membuat bayangan yang dalam pada teks untuk memunculkan efek tiga dimensi.
  7. Buatlah garis-garis yang ada menjadi hitam menggunakan board marker atau ilustrator. Yang paling penting adalah outlinenya. Kalau sudah dihitam garis luarnya, hapuslah bagian tidak penting di sana.
  8. Warnailah gambar dan tambahkan detail-detail yang dapat mempercantik grafitti.
  9. Kerjakan lagi sebagai latihan setiap harinya. Setiap pekan Anda harus mengganti modelnya dan pastika model yang dipilih semakin sulit.

Cara Membuat Grafiti

cara membuat grafiti

Salah satu karya seni modern adalah grafitti. Seni yang dikenal sebagai seni sarat nuansa huruf bermodel ini bertumbuh subur di kalangan pecinta seni. Mungkin Anda pernah tau seni serupa bernama tipografi. Tipografi juga seni mendekorasi huruf yang berprinsip kalimat atau katanya tetap bisa dibaca secara jelas. Nah, grafitti malah berlawanan dengan tipografi. Di sinilah letak keunikan grafitti. Mengedepankan style huruf sesulit mungkin untuk bisa dibaca atau ditebak. Semakin tidak jelas bacanya apa, maka dianggap sebagai seni grafitti bernilai tinggi.

Sisi lain dari grafitti yang tidak banyak diketahui orang adalah nilai tersebut. Grafitti banyak dibuat sebagai bentuk penyampaian pendapat publik atau kadang bisa juga sebuah luapan emosi dalam bentuk tulisan sastrawi. Hal ini membuat tidak ada larangan maupun etika dalam pembuatan grafitti. Pembuatnya diperbolehkan berkata menyindir bahkan sarkas. Hanya saja, kelemahan seni grafitti saat ini ada pada medianya. Seni yang seharusnya memperindah ini malah berubah jadi merusak (vandalisme). Seperti yang terjadi di tembok kota, jalan bahkan pohon. Jadilah seniman grafitti yang ramah lingkungan dengan melalui tahapan berikut:

Cara Membuat Grafiti Nama Secara Manual

grafiti tulisan

Seni grafitti aslinya lahir melalui cara pembuatan pertama, manual. Dulu grafitti benar-benar dibuat dari tangan seseorang, dituangkan ke kertas, kain atau tembok. Pembuatannya  memakai cat, kuas dan pilox. Pembuatan grafitti secara manual ini akan menguji kelihaian senimannya dan kita tidak boleh mati-matian memenangkan seniman tertentu karena setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat grafitti manual:

  1. Pertama Anda harus membuat garis tipis seperti apa yang Anda bayangkan dalam kepala. Di langkah ini pertahankan nilai unik dalam artikel dengan cara membuat model huruf berbeda-beda.
  2. Pencahayaan akan berpengaruh pada hasil grafitti. Sehingga Anda juga harus mengatur pencahayaan supaya jatuhnya tepat di tulisan. Setelah tepat, tambahkanlah bayangan yang memiliki arah sama dengan pencahayaan. Memang aturannya bayangan dengan pencahayaan tidak boleh berbeda.
  3. Tebali garis tepi di karakter huruf lalu berilah warna pada huruf bagian dalam. Ini dilakukan pada setiap huruf yang dibuat tadi. Sebenarnya warna grafitti tidak ditentukan, tapi baiknya pilih warna mencolok supaya mudah menarik perhatian orang.
  4. Untuk memunculkan efek tiga dimensi, berilah warna gelap pada bayangan bagian dalam setiap huruf.
  5. Kehidupan grafitti ditentukan pada tahap kelima. Tambahkanlah aksen khusus yang mendetail pada tulisan.

Cara Membuat Grafiti Menggunakan Aplikasi

Penguasaan seni grafitti yang kedua adalah skill membuat grafitti melalui aplikasi. Skill ini tidak untuk menjadi satu-satunya jalan pintas menghasilkan grafitti indah dalam hitungan menit. Keontetikan grafitti hasil manual dan hasil aplikasi memang masih seimbang, semuanya tergantung atas modifikasi yang inovatif. Pembuatan grafitti melalui aplikasi sangat cocok bagi Anda yang memiliki usaha sablon kaos atau konveksi lain. Pasti akan sangat memudahkan. Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah:

  1. Pada dasarnya Anda diizinkan menggunakan adobe illustrator, photoshop, maupun corel draw sesuka hati. Semuanya tetap sama , dimulai dari membuat lembar kerja baru berlatar belakang putih.
  2. Situs font grafitti recommended adalah dafont. Anda dapat mengunduh font grafitti style melalui situs tersebut atau situs lain  yang Anda sukai.
  3. Pilihlah jenis huruf seperti apa yang Anda inginkan. Memang pada langkah ini mungkin membutuhkan waktu sedikit lama, mengingat Anda harus menyamakan font dengan konsep penulisan di pikiran.
  4. Kalau sudah mendownload jenis huruf grafitti yang diinginkan, Anda masuk lagi ke aplikasi di nomor satu tadi. Ketikka kata apa yang ingin Anda buat baru kemudian pilih jenis font yang sudah Anda download sebelumnya.
  5. Tentukan arah pencahayaan sekaligus bayangan yang akan diberikan pada grafitti. Lalu salin tempellah tulisan  tadi. Geserlah memakai kursor ke arah pencahayaan berasal dan tempat jatuhnya bayangan yang kemudian menjadikan tempat tersebut gelap.
  6. Warna cerah diberikan untuk tempat cahaya jatuh. Sedangkan warna-warna gelap untuk tempat jatuhnya bayangan di grafitti.
    Bagian tulisan yang warnanya cerah sekarang ditebali garis tepinya. Begitu pula garis tepi di daerah bayangan.
  7. Konsep yang ada di pikiran Anda tinggal dicocokkan dengan hasil grafitti sekarang. Kalau belum sempurna Anda dapat menambahkan aksen sesuai selera.

Cara Membuat Grafiti Melalui Situs Internet

Semakin canggihnya teknologi sekarang tidak harus membuat PC kita kehabisan RAM akibat sering dipakai mengolah grafis. Kini hadirlah berbagai alternatif tempat di internet yang dapat membantu Anda membuat grafitti secara online. Berikut step by stepnya:

  1. Setelah Anda membuka browser yang menurut Anda paling cepat loadingnya, Anda bisa mengakses situs grafittiicreator, postergen dan flamingtect. Pilih saja salah satu untuk satu kali percobaan.
  2. Kedua, Anda dibebaskan memilih font grafitti seperti gaya Anda sendiri. Kemudian tuliskan kata apa yang ingin Anda tulis tersembunyi. Penulisan ini dilakukan di kolom ‘input text.’
  3. Langkah ketiga adalah memilih warna yang sekiranya pantas bagi tulisan bergaya grafitti pilihan Anda. Jangan sampai ada kesan memaksakan saat pemilihan warna yang tidak seirama.
  4. Kalau tahap satu sampai tiga sudah selesai, Anda bisa mendownload hasilnya sebagai sebuah file, baik file mentah atau yang sudah menjadi .jpg, .jpeg (file gambar).
  5. Para seniman grafitti sepakat cara pertama adalah skill wajib yang harus dikuasai oleh setiap seniman grafitti. Cara ini juga dianggap paling dapat memberikan kepuasan batin. Selain memang bisa menggunakan media apapun di dunia nyata, grafitti manual tetap dapat dirubah ke bentuk digital lainnya. Tentu saja keluwesan ini akan memberikan banyak inspirasi tentang maju mundurnya seluk beluk grafitti tanah air.

Grafitti akan terus ada sebagai karya seni yang dilahirkan sebagai kado untuk kebaikan. Apabila tata ruang kota mendukung keberadaannya, bisa jadi politik dan ekonomi akan semakin harmonis di kota tersebut. Namun bila dianggap sampah, bisa-bisa seni grafitti menjelma sebagai budaya radikal yang hanya memperburuk penglihatan serta munculnya gerakan sekaligus membiasakan budaya vandalisme di kalangan muda.

2 pemikiran pada “177+ Gambar Grafiti Tulisan Huruf Nama dan Cara Membuatnya

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.