Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik Benar dan Profesional [DOC PDF]

Contoh Surat Lamaran Kerja – Pengusaha adalah profesi yang sedang gencar-gencarnya digalakkan oleh negara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Meskipun menjadi seorang pengusaha tidak memiliki atasan yang akan mengatur ini itu dalam kerja setiap harinya, tapi dikarenakan semakin banyak pengangguran maka orang akan berlomba melamar di perusahaan anda.

Sarjana yang baru saja lulus, sarjana yang sudah dapat pekerjaan lalu kena PHK akibat saham ritel turun, calon sarjana yang butuh uang untuk biaya kuliah sampai ibu rumah tangga yang harus membantu perekonomian keluarga menumpuk di semua wilayah. Mereka mencari banyak info lowongan kerja tapi perusahaan sendiri juga kesusahan menyeleksi.

Walaupun kondisi masyarakat mendesak membutuhkan pekerjaan supaya ada dana masuk ke kas keluarga, bukan berarti pemilik perusahaan harus menerima semua berkas lamaran yang masuk. Bisa-bisa malah perusahaan mengalami kejenuhan dan operasionalnya tidak efektif.

Seharusnya sebagai pencari kerja, kitalah yang harus berusaha membuat surat lamaran kerja kreatif dan lebih menarik dari biasanya. Lamaran yang tampak mentereng dari ribuan berkas di meja kemungkinan akan menjadi perhatian dan pertimbangan tersendiri.

Ingin diangkat sebagai karyawan tetap bukanlah cita-cita rendah. Walaupun di mata pengusaha pekerjaan bergaji tetap, asuransi jelas serta tunduk pada aturan orang lain artinya berdiam diri di zona nyaman, namun tidak menjadi beban negara sudah termasuk terus berjuang.

Kondisi Perusahaan

Para pencari kerja berkata mencari kerja itu sekarang susah. Sementara para pemilik lapangan pekerjaan juga mengatakan sekarang mendapatkan karyawan berkualitas sulit. Ini menunjukkan ada ketidak harmonisan antara perusahaan dengan calon karyawan. Sebelum melamar, seharusnya pencari kerja berkaca dulu.

Para HRD perusahaan pasti sudah terbiasa menerima berkas yang isinya siap menjadi karyawan di perusahaan dia, sampai-sampai HRD bisa menilai baik buruknya kualitas calon karyawan tanpa waktu panjang. Kondisi inilah yang seharusnya membuat calon karyawan memikirkan matang-matang apa saja yang akan dituangkan dalam berkas lamarannya.

Perusahaan yang memasukkan karyawannya lewat jalur dalam sekalipun akan tetap mempertimbangkan kualitas orang yang dibawa tersebut. Singkatnya, jalur punya link karyawan senior hanya memuluskan antrian dari sekian banyak yang berjajar di meja HRD.

Surat lamaran kerja yang berisi profil diri kita akan menentukan respon petinggi perusahaan lain. Bila memang kualitasnya sangat buruk, bukan tidak mungkin HRD tegas akan mendepak meskipun kita punya backingan pegawai situ. Jadi tetap belajarlah mandiri melamar baik-baik.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Sebelumnya, anda harus mengerti dulu sebenarnya apa alasan perusahaan selalu melihat calon karyawan dari surat lamaran kerja. Padahal mereka belum melihat langsung kinerjanya. Baiklah, mari kita ulas dulu pengertian surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja ialah sarana komunikasi yang gunanya menyampaikan informasi antara pencari kerja dengan institusi pemilik lahan pekerjaan secara tertulis. Ini termasuk surat resmi yang bisa jadi dibuat oleh perusahaan, pemerintah, sampai perorangan. Nah, karena resmi maka ada kaidah baku yang nanti akan kita jelaskan dan harus diikuti.

Klasifikasi Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja diklasifikasikan atas dasar cara penyusunannya menjadi:

  • Gabungan

Surat lamaran kerja ini menyertakan daftar riwayat hidup menjadi satu.

  • Terpisah

Surat lamaran kerja terpisah akan menjadikan daftar riwayat hidup sebagai lampiran tersendiri dari surat lamarannya.

Kebanyakan pencari kerja suka memisahkan curriculum vitae dengan surat lamaran kerjanya. Contoh jenis ini pula yang sering ditemukan di ranah maya, padahal tidak salah pula jika ingin menggabungkan langsung seperti jenis pertama.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Struktur surat lamaran kerja tidak boleh diada-adakan sendiri mengingat ini termasuk surat resmi. Secara garis besarnya, surat lamaran kerja terdiri dari:

1. Bagian Pembuka

  • Judul surat lamaran kerja sebaiknya kapital dan di bold menggunakan rata tengah. Tapi jika anda tidak memberinya judul juga bukan masalah.
  • Ciri dari surat resmi adalah memiliki tempat dan tanggal pembuatan surat. Jadi berilah penjelasannya di atas, bukan di penutup seperti surat cinta.
  • Alamat tujuan pengiriman surat lamaran kerja boleh langsung menembak perorangan yang menjadi bos, bagian HRD atau bagian penerimaan pegawai (sesuaikan permintaan di informasi lowongan kerja perusahaan tersebut).

Di bawah ini adalah contoh bagian pembuka surat lamaran kerja yang sopan.

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA

Perihal             : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Manajer Sumber Daya Manusia

PT. Barang-barang Berkualitas

Jalan Perintis Perjuangan Nomor 678 Kota Malang

2. Bagian Isi

  • Salam Pembuka
  • Dijelaskan dulu sumber informasi sampai anda tahu perusahaan tersebut sedang membutuhkan karyawan.
  • Penjelasan singkat profil diri (nama, tempat tanggal lahir, domisili, jenis kelamin, pendidikan terakhir, kontak yang masih aktif terdiri dari WA, telepon seluler dan email).
  • Berikanlah informasi apa keahlian yang anda miliki dan pengalaman kerjanya supaya HRD dapat mengira-ngira seberapa berguna bagi perusahaan.
  • Tujuan penulisan.
  • Perihal terlampir.
  • Terima kasih.

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN BENAR

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Kelapa Lima Pusaka Medan yang termuat di koran pekanan Medan Bisnis pada tanggal 15 Juli 2018. Saya mengajukan surat lamaran untuk bergabung menjadi Tim Logistik di PT. Kelapa Lima Pusaka Medan.

Saya yang memiliki data singkat berikut ini;

Nama                           : Ahmad Affandi

Tempat, tanggal lahir  : Medan, 02 Desember 1987

Pendidikan Akhir        : Universitas Negeri Medan

Alamat                        : Jalan Raya Sisingamangaraja Nomor 7 Kecamatan Hilir Kota Medan

Status Perkawinan      : Single

Telepon/HP/WA         : 087888999111

E-mail                          :affandi878@yahoo.com

 

Saat ini saya berada dalam kondisi kesehatan yang baik dan berstamina, mampu berbahasa Inggris dan Belanda secara aktif, baik lisan atau tulisan. Saya lulus dari Universitas Negeri Medan dengan predikat summa cumlaude setelah beberapa kali menang dalam perlombaan business plan competition tingkat nasional. Selain itu, saya juga mahir mengoperasikan microsoft, photoshop, wordpress, blogspot. Untuk kemampuan bekerja sama dalam tim telah saya asah semenjak SMA dalam bentuk menjadi pemimpin tim lomba dan aktif berorganisasi.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Curriculum vitae.
  2. Fotocopy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
  3. Fotocopy sertifikat penghargaan.
  4. Fotocopy sertifikat organisasi.
  5. Fotocopy sertifikat kursus dan pelatihan
  6. Pas foto terbaru.

Besar harapan saya Bapak/Ibu berkenan memberi kesempatan kepada saya untuk mengikuti wawancara, sehingga Bapak/Ibu memperoleh data lebih rinci mengenai potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Sampai di sini silahkan dilihat lagi. Di dalam isi surat, kamu hanya menjelaskan kemampuan relevan saja secara umum. Nantinya keahlian dan profil rinci bisa dijadikan lampiran.

3. Bagian Penutup

Penutup di sini berisikan nama terang dan tanda tangan yang membuat surat (pencari kerja). Pastikan sudah diisi ya tanda tangannya, karena banyak kasus pembuat surat lupa membubuhkan tanda tangan.

Hormat Saya,

 

 

(Ahmad Affandi)

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Format surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris memiliki perbedaan. Kira-kira bentuk bahasa Inggris untuk anda yang ingin daftar ke perusahaan multinasional adalah begini:

Medan, June 2nd, 2018

 

Attention:

Dear Sir/Madam

I am writing to apply as Book Editor (BE02) in your company. My name is Tuti Widyoastuti, I am twenty one years old three months. As a English literature graduate from Indonesia University “UI” Depok. I have enjoyed the fieldwork component of my degree immensely, and i am keen to work in diverse and remote locations.

Having been involved in several exploration projects in the field, I have developed a comprehensive understanding of english literature and coupled with the ability to editing script perfectly.

My skills include a good working knowledge of writing book such as: operating microsoft word, layout with corel draw and photoshop, editing journal and article structure.

I can work well as a member of a team, but I am also confident in assuming responsibility for tasks autonomously.

For your consideration, herewith I enclose my:

  1. Curriculum vitae.
  2. Copy of Bachelor and academic transcript.
  3. Copy of ID and police clearance certificate.
  4. Copy of internship certificate, certificate of employment, and letter of assignement.
  5. Recent photograph

I would welcome the opportunity to meet you further in discuss session to know me so well and make sure you give maximal review about me.

Sincerely,

 

 

Tuti Widyoastuti

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Seiring perkembangan teknologi, banyak perusahaan tidak suka menumpuk kertas di meja kantor. Maka terobosan baru melayani surat menyurat online via email dianggap lebih efektif. Selain datanya lebih awet, penyortiran surat dianggap lebih mudah dan waktu serta tenaga yang dibutuhkan pun tidak banyak.

Sebenarnya melamar kerja online atau offline memiliki prinsip dasar sama. Hanya saja untuk pelamaran kerja via email lebih baik menggunakan file dalam format word atau pdf supaya terlihat profesional.

Isi dan struktur surat lamaran kerja online sama seperti offline yang sudah diberi contoh tadi. Biasanya di pengumuman lamaran kerja, perusahaan mencantumkan alamat email. Anda bisa mengirimkan lamaran tadi ke email mereka dengan memberi subyek ‘Surat Lamaran Kerja’. Adapun isinya sama persis diketik sebagaimana surat lamaran kerja pada umumnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Begitu pula untuk surat lamaran kerja yang ditulis tangan secara manual. Perusahaan atau institusi baru yang masih kecil bertaraf lokal biasanya banyak menerima lamaran kerja yang ditulis sendiri dengan tangan si pelamar. Ini sah-sah saja dan tidak menyalahi aturan sepanjang isinya sama seperti contoh yang kami berikan di awal.

 

Dahulunya surat lamaran kerja memang ditulis tangan kemudian diketik menggunakan mesin tik. Jika anda merasa anda termasuk generasi muda maka tunjukkanlah keakraban anda pada teknologi dengan menulis komputer surat lamaran kerja.

Hasil ketikan komputer selalu terlihat lebih praktis dan mudah diedit jika ada kesalahan atau diprint lagi kalau ingin mengirim ke perusahaan lain. Berikut kami berikan tips menulis surat lamaran kerja di microsoft word pada PC anda.

  1. Font huruf yang umum dipakai adalah TNR (Times New Roman) berukuran 12 pt.
  2. Setiap bahasa dalam penulisan surat lamaran kerja wajib menggunakan bahasa Indonesia sesuai Ejaan Yang Disempurnakan dan grammar (bila berbahasa Inggris).
  3. Kertas yang biasa digunakan adalah A4. Namun jika perusahaan meminta kertas ukuran lain maka menyesuaikan saja.
  4. Surat lamaran kerja ditulis tidak bertele-tele dan langsung menuju poin-poin penting yang harus diketahui perekrut kerja.
  5. Selalu pastikan paragraf awal surat lamaran kerja memiliki bobot jual tinggi, tidak ambigu dan padat.
  6. Pastikan juga paragraf akhir terlihat tegas serta memohon perekrut memberikan
  7. Jika jenis yang anda pakai adalah surat lamaran kerja terpisah, maka jangan menuliskan lagi sesuatu yang sudah anda cantumkan dalah daftar riwayat hidup.
  8. Ketahui apa yang sedang dicari atau disukai oleh perusahaan tempat anda melamar. Singgunglah hal tersebut dalam surat lamaran kerja. Perusahaan menyukai calon karyawan yang sudah tahu apa keinginan dan kebutuhan instansi. Menyinggung kebutuhan pun akan membuat anda serius karena tidak membuat satu surat untuk banyak perusahaan.
  9. Keahlian yang berhubungan dengan kebutuhan perusahaan sebaiknya disortir maksimal 5 terbaik dan dijelaskan dalam daftar riwayat hidup.
  10. Semua kegemaran, riwayat organisasi, dan keterampilan sebaiknya juga diberitahukan kepada HRD sebagai pembeda antara anda dengan pesaing.
  11. Yang repot adalah jika membuat surat lamaran kerja di lembaran. Tidak boleh ada coretan atau tipe x sama sekali karena akan membuat anda tampak tidak profesional. Buatlah yang baru setiap ada kesalahan.

 

Sumber Informasi Lowongan Kerja

  1. Job Fair

Di dalam job fair atau bursa kerja, panitia akan mengumpulkan recruiter sebanyak mungkin. Perusahaan yang tergabung biasanya sudah punya kredibilitas dan gaji yang ditawarkan setidaknya standar dengan kebutuhan hidup dan sebanding dengan resiko kerja.

  1. Koran Mingguan

Karena koran mingguan dibaca semua lapisan penduduk negara, maka tidak salah jika pencari karyawan memasang iklan di sini. Daripada percaya informasi lowongan kerja di internet yang ujungnya malah disuruh bayar lebih aman melamar perusahaan yang memasang info lowongan kerja di koran mingguan.

  1. Kantor Pos

Cobalah berjalan ke kantor pos dan lihat majalah dindingnya.

  1. Saudara

Saudara yang dimaksud boleh jadi sedarah atau satu sekolah. Saudara biasanya malah memperlancar proses pelamaran kerja kita di instansi tempat dia bekerja. Rekomendasi dari orang dalam memang bisa dipertanggung jawabkan.

  1. Internet

Ini adalah solusi sumber terakhir. Berhati-hatilah melamar kerja dari info internet yang tidak jelas sumbernya. Apabila iklannya ganas memamerkan uang hasil kerja dalam seminggu atau hal-hal menggiurkan lainnya sebaiknya tidak usah diladeni daripada tertipu malah disuruh mengirim biaya registrasi lalu ditinggal pergi.

 

Satu pemikiran pada “Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik Benar dan Profesional [DOC PDF]

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.