Cara Ternak Kenari

Cara ternak kenari termasuk pekerjaan yang tidak mudah, terlebih bagi mereka yang belum mengetahui sama sekali tentang burung kenari serta cara memeliharanya. Kenari merupakan burung yang mempunyai suara kicauan yang indah, sangat jinak, dan bisa bertarung. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang mencari dan berusaha untuk beternak kenari.

Cara Ternak Kenari
pinterest.com

Ternak burung kenari bisa menjadi usaha atau bisnis yang cukup menjanjikan. Hal itu disebabkan harga burung kenari sangat tinggi sesuai dengan keunikan burung itu sendiri. Jika memang Anda ingin membuka usaha ternak kenari, ada baiknya mempelajari beberapa trik dan cara ternak kenari.

Persiapan Ternak Burung Kenari

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai ternak kenari, diantaranya adalah:

Kandang Ternak Kenari
google.com
  • Siapkan kandang

Kandang merupakan suatu hal yang sangat penting sebelum memulai tentang cara ternak burung kenari, mengingat kandang adalah rumah serta tempat berlindung bagi kenari dari gangguan pemangsa.

Kandang yang baik adalah yang bersih, nyaman, dan jauh dari gangguan luar. Sementara itu, untuk ukuran kandang, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan atau tergantung dengan target jumlah ternak kenari. Usahakan kandang jauh dari hewan pengganggu seperti semut dan serangga agar kenari tetap tenang dan segera bereproduksi.

Sarang Burung Kenari
kicau.net
  • Siapkan sarang

Sarang juga termasuk barang yang penting, khususnya ketika burung kenari mulai bertelur hingga mengerami telurnya. Buatlah sarang senyaman mungkin dan sesuaikan dengan ukuran burung kenari pada umumnya. Agar sarang terhindar dari serangga dan sebaiknya, Anda bisa memberinya kapur ajaib dan sebagainya untuk menjaga kenyamanan kenari.

Cara Ternak Kenari Pemula

Jika beberapa keperluan kandang dan sarang sudah selesai, Anda bisa langsung memperhatikan beberapa langkah dan cara beternak kenari.

Gambar Kenari Jantan dan Betina
revk.uk
  • Membedakan antara jantan dan betina

Pembedaan terhadap jenis kelamin kenari merupakan suatu hal yang mutlak, sebab itu masih berkaitan dengan proses penjodohan hingga pembibitan nanti. Hal itu bertujuan untuk menambah jumlah hasil pembibitan. Jika Anda sembarang memasangkan kenari tanpa mengetahui mana yang jantan dan betina tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Adapun ciri-ciri kenari jantan adalah telur jantan umumnya memiliki bentuk yang oval atau lonjong. Setelah menetas menjadi burung kenari, bentuk tubuh jantan terlihat lebih ramping dan memanjang. Kenari jantan juga lebih sering dan banyak mengoceh ketika sudah berumur sekitar satu bulan.

Sementara itu, kenari betina dari segi telurnya terlihat lebih bulat. Kemudian setelah menetas dan menjadi burung kenari bentuk tubuhnya sedikit bulat atau buntek, menyesuaikan dengan bentuk telurnya. Burung kenari betina lebih sering berdiam jika dibanding dengan jantan.

Gambar Sepasang Kenari
kemptonexpress.co.za
  • Mengenali usia kenari yang ideal untuk diternak

Anda juga perlu mengenal usia ideal bagi burung kenari yang tepat untuk diternak. Untuk kenari jantan usia yang yang pas adalah 8 tahun. Sementara itu, untuk kenari betina lebih mudah yaitu 6 tahun.

Hal itu sebenarnya bertujuan untuk mempercepat hasil pembibitan atau perjodohkan. Sebab semakin matang dan siap betina maupun jantan bisa dipastikan bahwa akan mendapatkan lebih banyak pembibitan.

Anda juga bisa melihat dari sisi fisik kenari yang sudah ideal untuk diternak diantaranya adalah kenari jantan dan betina sudah saling berkejaran. Pada malam hari betina dan jantan sudah saling melolohkan makanan menandakan mereka siap untuk dikawinkan. Khusus untuk betina sering menggeleparkan sayap dan mulai membangun sarang, maka bisa dipastikan betina siap untuk diternak.

Burung Kenari Jodoh
garvo.nl
  • Menjodohkan burung kenari

Salah satu cara untuk mengawinkan kenari adalah dengan menaruh betina maupun jantan pada sangkar yang berbeda, namun jaraknya harus tetap berdekatan. Sebaiknya tidak memasukkan jantan dan betina dalam satu sangkar secara langsung dan terburu-buru. Sebab, belum tentu keduanya cocok dan siap untuk dikawinkan secara langsung.

Tambahan kicau mania bisa memudahkan proses perjodohan antara jantan dan betina, khususnya pada waktu sore. Hal itu bisa mempercepat berlangsungnya perkawinan antar keduanya. Setelah jantan dan betina berhasil dikawinkan, pertarungan antar sesamanya bisa berkurang. Jadi, bisa dikatakan menjadi lebih aman bagi mereka.

Agar kenari mudah dan cepat untuk dikawinkan, sebaiknya beri makanan yang bergizi, bervitamin, dan sebagainya. Jemur kenari setiap pagi hari untuk menjaga kesehatan serta menurunkan stress yang diderita oleh burung. Saat menjemurnya, alangkah baiknya untuk saling mendekatkan antara betina dan jantan.

Sarang Burung Kenari
kicau.net
  • Proses pengeraman telur kenari

Jika betina siap untuk bertelur, maka tidak lama akan terjadi pengeraman. Agar telur kenari bisa sampai menetas membutuhkan 12 hingga 14 hari. Sebenarnya hal itu tergantung pada kondisi cuaca atau suhu. Sementara itu, untuk menjaga agar suhu tersebut tetap terjaga dengan baik, sebaiknya pasang lampu sekitar 5 watt.

Gambar Telur Kenari Menetas
canarytales.blogspot.com
  • Proses penetasan telur

Agar telur yang sudah menetas tetap sehat dan bagus, sebaiknya jaga selalu kondisi kandang ataupun sarang. Selalu membersihkan secara rutin serta memberi makanan serta minuman yang cukup. Hal itu bertujuan agar kenari yang baru menetas bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Cara Ternak Kenari Sistem Koloni

Sebenarnya ada banyak jenis burung kenari yang banyak digemari masyarakat, diantaranya adalah Kenari YS, Kenari AF, Kenari AFS, F1, F2, F3, lokal dan Impor. Pada dasarnya mengenai cara ternak kenari F1 atau yang lainnya itu tidak jauh berbeda. Untuk menghasilkan jenis kenari yang unik lagi, Anda bisa mencampur betina dan jantan dari salah satu jenis tersebut.

Sementara itu, dalam hal metode ternak ada satu metode yang sering digunakan yaitu sistem koloni. Cara ternak kenari koloni ini banyak memberi keuntungan, dimana caranya juga sederhana. Anda hanya perlu memasukkan beberapa jantan dan beberapa betina dalam satu kandang yang besar, dimana masing-masing mereka bisa memilih pasangannya sendiri.

Gambar Burung Kenari Jantan
blogs.thatpetplace.com

Adapun keunggulan ternak kenari sistem koloni adalah sebagai berikut:

  1. Lebih simple dan praktis, sebab tidak harus menjemur kenari karena kandang sudah berada di tempat yang mendapat sinar matahari langsung. Anda juga akan lebih mudah dalam melakukan perawatan, sebab bisa memberi makan sekaligus sekali dalam satu kandang.
  2. Tidak perlu repot untuk menjodohkan, sebab di dalam kandang yang luas mereka bisa bebas memilih pasangan dan bisa menjodohkan diri masing-masing.
  3. Kenari lebih lincah dan sehat sebab berada di tempat yang lebih luas dan bisa terbang lebih leluasa.

Selain itu juga ada sisi kekurangannya yaitu karena tempatnya yang sangat luas dan ada banyak burung kenari dalam satu kandang, maka akan lebih sulit untuk mengontrol kondisi burung. Jika ada salah satu kenari yang sakit, maka akan lebih cepat menular yang lainnya.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird

Demikian, Anda bisa mengaplikasikan sistem tersebut baik antar berbagai jenis kenari agar memperoleh jenis kenari baru yang unik. Anda bisa menggunakan cara ternak kenari lokal maupun cara ternak kenari AF dalam menerapkan sistem koloni tersebut. Hanya saja, Anda harus memastikan bahwa jantan dan betina harus memiliki kualitas yang bagus serta sehat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.