Cara Merawat Anak Kucing

Bagi Anda pecinta kucing pastinya ingin selalu memberikan perawatan yang terbaik agar dapat tumbuh menjadi kucing yang lucu dan imut.

Ayo ketahui cara merawat anak kucing Anggora dan Persia usia 1, 2, dan 3 bulan yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya menjadi lebih baik.

Merawat seekor kucing bukanlah merupakan hal yang mudah, apabila jika kucing tersebut hasil adopsi maka harus memberikan perawatan khusus agar si kucing bisa lebih jinak dan penyayang.

Cara Merawat Anak Kucing
kittenrescue.org

Kucing Anggora dan Persia memang menjadi spesies kucing lucu yang disukai oleh banyak orang dengan sifatnya yang sangat aktif dan suka bermain.

Jika mendengar kucing Anggora maka tak terlepas dari nama kucing Persia, nah kedua kucing ini memang terkadang cukup sulit untuk dibedakan dengan bentuk fisiknya yang sangat imut dan tingkah lakunya yang sangatlah lucu.

Kedua jenis kucing ini sama-sama membutuhkan perawatan intensif agar dapat tumbuh menjadi kucing induk yang baik.

Cara Merawat Anak Kucing Anggora dan Persia

Sebagai jenis kucing yang sangatlah digemari oleh banyak orang, tentunya kucing Persia dan Anggora memiliki harga yang cukup mahal. Terlebih dengan bulunya yang halus, wajahnya yang imut, dan tingkahnya yang sangat lucu membuat banyak orang terkesan olehnya. Ketahui cara merawat anak Persia ataupun Anggora agar dapat tumbuh menjadi kucing dewasa yang lucu.

Untuk merawat anak kucing yang berusia 1,2, 3 bulan maka sebaiknya persiapkan perlengkapannya terlebih dahulu agar memberikan kenyamanan saat si kucing mulai beradaptasi dengan lingkungannya. Berikut ini perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk anak kucing.

Gambar Kandang Kucing
rakuten.com
  1. Kandang

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memiliki peliharaan anak kucing yaitu sediakan kadang tersendiri agar memiliki ruang bebas untuk bergerak. Pilihlah kandang yang memberikan kenyamanan agar anak kucing betah tinggal di dalam kandang, tak harus yang memiliki ukuran besar dan harga mahal.

Namun, dengan memberikan kandang tidak berarti anak kucing harus selalu berada di dalam kandang. Melainkan, dalam beberapa selang waktu Anda juga harus memberikan kebebasan pada si anak kucing untuk bergerak keluar kandang agar terbiasa atau mulai beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Gambar Tempat Makan Kucing
youtube.com
  1. Tempat Makan

Salah satu cara merawat anak kucing usia 1 sampai 3 bulan yaitu menyiapkan tempat makan, hal tersebut bertujuan agar kucing terbiasa makan dengan rapi dari makanan yang sudah disediakan di tempat makan.

Biasanya tempat makan anak kucing ini bisa berupa tatakan gelas, piring kecil, ataupun bisa juga membelikan tempat pakan kucing di pet shop. Apabila memungkinkan menyediakan tempat pakan di dalam kandang maka Anda bisa menaruhnya di kandang.

Gambar Tempat Minum Kucing
youtube.com
  1. Tempat Minum

Selain tempat makan ternyata tempat minum juga menjadi salah satu perlengkapan penunjang untuk membuat anak kucing nyaman saat mulai beradaptasi. Nah, sediakan tempat minum yang memberikan keleluasaan kucing untuk meminumnya. Biasanya tempat minum juga selalu disediakan di kandang agar kucing dapat langsung minum ketika haus.

Gambar Pasir Litter Box Kucing
litter-boxes.com
  1. Sediakan Pasir

Memilihara anak kucing, pastinya juga harus bersedia memberikan kotorannya bukan? nah agar tidak terlalu kotor maka sebaiknya Anda perlu menyediakan kotak berisi pasir untuk tempat anak kucing buang air besar ataupun buang air kecil.

Kotak pasir sangatlah diperlukan agar si kucing terbiasa buang air di tempat yang benar sehingga kandang anak kucing juga tidak akan terlalu kotor.

Gambar Scoop Litter Box Pasir Kucing
boxinformed.blogspot.com
  1. Sediakan Ayakan

Apabila Anda membeli perlengkapan anak kucing lengkap satu paket maka akan langsung mendapatkan ayakan. Fungsi dari ayakan yaitu untuk memisahkan kotoran kucing dengan pasir. Hal tersebut tentunya juga bertujuan untuk menjaga kebersihan kandang agar tidak kotor dan berbau.

Cara Merawat Anak Kucing Usia 1, 2, dan 3 Bulan

Cara Merawat Anak Kucing
kittenrescue.org

Setelah mengetahui perlengkapan yang harus disediakan sebagai cara merawat anak kucing, Anda juga harus mengetahui tata cara merawat kucing.

  1. Pola Makan Teratur

Gambar Tempat Makan Kucing
youtube.com

Merawat anak kucing berarti juga harus mengatur pola makan secara teratur, perhatikan jadwal rutin makan agar tidak kelaparan. Berikanlah makanan yang sehat dengan mengenalkan beberapa jenis makanan, namun tidak harus makanan mahal.

Dengan memberikan pola makan teratur maka akan membuat kucing lebih merasa nyaman dengan perawatan yang Anda berikan.

  1. Berikan Susu

Gambar Kucing Minum Susu
catthevet.com

Selanjutnya berikan susu untuk anak kucing agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Belikanlah botol susu agar kucing lebih leluasa untuk meminumnya, belilah susu di pet shop dengan kualitas baik.

Susu merupakan nutrisi pelengkap untuk kucing sehingga memberikannya harus selang-seling dengan nutrisi makanan agar anak kucing tidak terlalu kenyang dengan mengkonsumsi susu ataupun makanan secara berurutan.

  1. Ajari BAK

Gambar Kucing Buang Air Kecil
creatureclinic.com

Langkah selanjutnya sebagai cara merawat anak kucing yaitu ajarilah untuk buang air kecil dengan baik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam merawat kucing Anda juga harus siap membersihkan kotorannya.

Nah, untuk menjaga kebersihannya maka Anda memang harus melatih atau mengajari kucing untuk buang air kecil dengan baik. Dengan demikian maka akan mengurangi tugas Anda dalam membuang kotoran.

  1. Kenalkan dengan Hal Baru

Gambar Kucing Bermain Bola
blog.naver.com

Mengenalkan hal baru kepada anak kucing memang sangat diperlukan agar ketika dewasa kucing dapat melakukan berbagai aktivitas baru yang lucu. Apalagi kucing Anggora dan Persia memang sudah tergolong menjadi kucing yang aktif dengan bentuk fisik yang sangat lucu dan imut.

Anak kucing Persia dan Anggora usia 1,2,3 bulan akan merasa nyaman apabila diajari atau diikenalkan dengan hal baru dengan cara-cara yang menyenangkan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.