Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara menghilangkan karang gigi adalah salah satu cara untuk anda yang merasa malas atau takut pergi kedokter. Lalu, pertanyaannya adalah bagimana caranya tanpa harus pergi ke dokter? Sebelum anda mencoba cara-cara mengatasi karang gigi, ada baiknya anda tau apakah yang dimaksud dengan karang gigi.

Gambar Karang Gigi
battleofcali.com

Karang gigi atau sering disebut dengan kalkulus gigi merupakan mengerasnya plek pada gigi yang sering terbentuk dari bawah gusi yang bisa mengakibatkan gusi mengalami iritasi dan permukaan gigi menjadi lebih lengket karena meluasnya area bagi plank untuk berkembang, faktor ini yang sering menjadi penyebab penyakit  pada gigi yaitu penyakit radang gusi.

selain berbahaya untuk kesehatan anda, karang gigi juga akan membuat kurangnya rasa percaya diri, membuat gigi menjadi terlihat kuning dan menyebabkan bau mulut yang tidak enak, tentu ini sangat mengganggu dan memalukan bukan, karena pada saat kita berbicara dengan orang lain dia pasti sangat terganggu dengan bau mulut anda yang tidak sedap, dan juga merasa tidak nyaman.

Apakah anda pernah mengalaminya atau saat ini sedang mempunyai masalah dengan karang gigi? Dan ingin segera mengatasinya? Mari kita kenali sebab timbulnya karang gigi.

Penyebab Timbulnya Karang gigi

Pada umumnya munculnya karang gigi ini disebabkan karena sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi dalam waktu yang lama dan tidak segera anda bersihkan, lama-kelamaan sisa makanan yang tidak dibersihkan ini akan menumpuk dan berubah menjadi karang gigi, kandungan mineral pada air liur akan membuat sisa makanan menjadi mengeras dan karang gigi yang terbentuk pun jadi mengeras.

Karang gigi ini akan menyebabkan timbulnya penyakit gigi lainnya yang bisa membahayakan kesehatan, berikut efek dari karang gigi.

  1. Gigi Berlubang

Karang gigi lama kelamaan jika tidak segera diobati akan menyebabkan gigi keropos.

Penyebabnya karena karang gigi mengeluarkan zat asam yang bisa merusak gigi. Padahal email gigi adalah bagian yang paling keras dari gigi yang berada di lapisan paling luar gigi, gigi lama kelamaan akan semakin keropos, gigi akan semakin mudah untuk berlubang.

  1. Bau Mulut

Sisa makanan yang terkumpul dan menempel pada gigi dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan aroma bau mulut yang tidak enak

  1. Radang gusi

Mulut yang tidak bersih bisa menyebabkan gusi mudah terinfeksi, pada saat gusi terinfeksi akan mengeluarkan darah,  akibat terinfeksi akan timbul benjolan bernanah pada gusi.

  1. Peridontitis

Saat radang gusi semakin parah, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi akan rusak dan berakibat gigi akan tanggal, bahkan jika bakteri masuk ke dalam aliran darah akan menyebabkan hal-hal yang lebih berbahaya lagi.

Ternyata akibat yang disebabkan oleh karang gigi menakutkan bukan, padahal disebabkan oleh karang gigi yang di anggap sepele, yaitu jarang membersihkan gigi dan tidak membersihkan gigi secara benar.

Apakah anda sudah terlanjur tidak membersihkan gigi dengan benar dan mengalami masalah karang gigi? Apakah anda sudah mencoba berobat ke dokter? Biaya yang mahal? Atau takut? Memang cara yang praktis untuk untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan berobat ke dokter, namun ada juga cara alternatif untuk menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami dan cepat.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Gosok Gigi
youtube.com
  1. Rajin Menggosok gigi

semenjak kecil Anda pasti sudah diajarkan untuk selalu menyikat gigi 2 kali sehari pagi dan malam, namun anda juga diajarkan untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa semua gigi anda telah telah bersih dari sisa-sisa makanan.

  1. Flossing

Membersihkan celah gigi dengan benang, Tentunya menggunakan benang khusus untuk gigi. Dengan menggunakan Flossing ini maka plak yang ada di celah-celah gigi akan dapat terjangkau dan bersihnya lebih maksimal, dan lebih cepat

  1. Menggunakan pasta gigi dengan fluoride

Agar gigi anda bersih dari sisa makanan dan terhindar dari karang gigi secara sempurna maka gunkanlah pasta gigi yang mengandung fluoride, fluoride bermanfaat untuk mencegah plak agar tidak berkembang. Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan tersebut mampu untuk menghilangkan noda kekunungan dan plak dengan efektif.

  1. Menggunakan mouthwash

Cara membersihkan gigi yang lain adalah dengan menggunakan mouthwash. Mouthwash ini bertujuan untuk memberikan proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan gigi fluoride dan flossing.

  1. Hindari atau kurangi merokok

Semua pasti sudah mengetahui akan bahayanya merokok, zat-zat yang terkandung dalam rokok selain dapat memicu penyakit kanker paru-paru dan setangan jantung, juga dapat menimbulkan karang gigi yang sangat sulit untuk dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang di akibatkan oleh sisa-sisa makanan.

  1. Tidak makan sembarangan

Dengan tidak makan sembarangan adalah hal yang harus dilakukan agar tidak memperparah karang gigi,  bakteri yang berkembang biak berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut kita. Seperti makanan manis dan bertepung, bakteri akan berkembang biak jika kita sering mengkonsumsi makanan yang manis dan bertepung, bakteri akan mengeluarkan zat asam jika bertemu dengan makanan manis dan bertepung.

Setelah mengetahui cara di atas dengan memperbaiki pola hidup, berikut ini adalah cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

  1. Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin c

Vitamin c sangat baik untuk kesehatan mulut, oleh sebab itu anda juga bisa menggunakan buah yang mengandung vitamin C sebagai pasta gigi

Caranya adalah :

  1. Hancurkan buah yang mengandung vitamin C sampai halus, seperti buah jeruk, setroberi, lemon.
  2. Setelah itu celupkan pasta gigi dan sikat gigi anda seperti biasa selama 2 menit
  1. Mengunyah daun sirih

Mengapa daun sirih? Karena daun sirih berkhasiat membersihkan gigi dan menghilangkan bau yang tidak sedap pada mulut.

Caranya :

  1. Ambil 1 helai daun sirih, bisa dengan menambahkan 1 batang cengkeh juga.
  2. Haluskan jangan sampai hancur, lalu tinggal dikunyah campuran daun sirih dengan cengkeh tersebut
  3. Dengan baking soda

Beking soda dapat kita gunakan sebagai pasta gigi untuk menghilangkan karang gigi kuning. Dengan menggunakan baking soda, bisa juga menjadi salah satu menghilangkan karang gigi yang parah dan mengeras.

Caranya :

  1. Ambil 1 sdm baking soda lalu tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata.
  2. celupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi pada campuran ini.
  3. Sikat gigi Anda selama 2 menit, lalu berkumur dengan air.
  4. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

Setelah mencoba berbagai macam cara di atas namun masih belum juga berhasil, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter gigi. Agar karang gigi bisa hilang dan tidak muncul lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.