10+ Cara Membungkus Kado Anti Mainstream

Cara Membungkus Kado – Kado adalah hadiah dalam bentuk barang atau bisa juga yang lain asalkan masih dalam batasan unik dan memberi kesan kepada si penerimanya. Umumnya kado akan dipersembahkan kepada orang istimewa saat momen-momen tertentu seperti ulang tahun, peringatan hari jadian, pernikahan. Sayangnya tidak banyak orang tahu cara membungkus kado yang menarik dilihat mata. Padahal untuk dapat mengesankan si penerima kado, hadiah sebaiknya dibungkus dengan cantik. Bayangkan saja jika Anda diberi barang tanpa dibungkus tapi di lain hari diberi barang sama hanya saja kali ini dibungkus dengan balutan kertas unik. Pasti Anda akan merasa lebih deg degan, senang dan merasa diistimewakan ketika menerima barang dalam kondisi kedua.

Anda pasti punya teman yang menganggap bungkus kado tidak penting, yang penting isinya. Ada juga orang yang merasa cukup diberi ucapan selamat tanpa harus diberi hadiah atau kejutan lainnya yang notabenenya merepotkan. Padahal sifat alamiah manusia akan penasaran dengan sesuatu yang dibungkus, apalagi masih baru pertama kali dilihat.

Alamiah sekali jika kemudian penerima kado sering menebak dulu isi kotak daripada langsung membukanya. Beberapa malah mengabadikan terlebih dahulu, kemudian upload di sosial media dengan posisi tangan menyentuh bungkusan. Dilengkapi caption lucu baru diposting dan terakhir dibukalah kado tersebut. Kalau Anda memang ingin meninggalkan kesan mendalam kepada orang kesayangan Anda, tidak ada salahnya kado yang Anda berikan dibungkus secara unik. Anda dapat menggunakan salah satu dari saran berikut ini.

Model Sederhana

Pertama kita perkenalkan dengan bungkus kado model sederhana. Pertama, masukkan barang yang akan dijadikan kado ke dalam amplop berwarna lalu jepitlah bagian atas memakai jepitan kayu. Keberadaan jepitan kayu akan mempercantik kado, namun jika tidak ada bisa menggunakan lem kertas standar. Kalau masih belum puas dengan tampilan cantiknya, ikatlah memakai tali di bagian tengah menggunakan kertas yang sudah digambari hati. Gambar hati dipilih karena memang biasa dipakai pada kartu ucapan. Tapi jika Anda kurang cocok, boleh saja menggantinya dengan gambar bintang atau emoticon lucu.
Model amplop ini akan terlihat lebih berseni daripada asal membungkus. Bahannya sama-sama kertas, tapi hasilnya beda. Apalagi cara pembuatannya tidak rumit.

Diberi Hiasan Bebungaan

kado bunga kering

Budget Anda menipis? Pakai saja saran kedua ini. Kertas yang dipakai adalah kertas cokelat. Untuk dapat membungkus barang sesuai tips kedua ini memang membutuhkan kesabaran serta ketelitian tinggi. Sesuai dengan warnanya yang manis, kado dari kertas cokelat ini lebih cocok dipersembahkan kepada rekan kerja wanita atau sahabat hang out Anda.
Selain kertas cokelat, bahan lain yang diperlukan adalah kain perca alias kain bekas yang sudah tidak dipakai tapi sebenarnya masih bisa digunakan. Kertas yang dipilih pun jangan terlalu tebal. Usahakan kain yang dipakai memiliki pola atau motif menarik misalkan polkadot. Kain perca ini akan ditempel di bagian bawah kado. Kemudian bagian atas kain diberi tali putih yang diikat kuat supaya tidak mudah lepas. Nah, terakhir yang paling menonjolkan sisi feminimitas yaitu penyisipan batang bunga yang telah kering lengkap dengan kartu ucapan berisi harapan baik di bunga tersebut.

Jadilah Milikku

Kado Be Mine

‘Jadilah Milikku’ atau be mine memang terdengar romantis di telinga seorang gadis. Kadang gadis yang mendengarnya langsung membayangkan salah satu adegan dalam film Korea romantis atau ingatannya datang ke masa lalu. Sekeras, sebawel, sekasar apapun wanita kalau mendengar kata ‘be mine’ pasti sedikit melunak. Beberapa malah histeris lalu salah tingkah.

Taklukkan kekasihmu tanpa banyak modal tapi jelas memberi kesan spesial. Tulisan ‘be mine’ diletakkan di bagian atas kado. Disarankan warnanya merah ditambahi motif polkadot sebagai bungkusnya. Tulisan ‘be mine’ dapat ditulis di sebuah kertas lalu masukkan kado spesial Anda yang dapat melelehkan sisi keras wanita, misalkan kado berisi cincin yang sangat cocok dengan ide bungkus ketiga ini.

Kanvas

Kado Dari Kanvas

Tidak semua bungkus harus menunjukkan kemewahan, meskipun pada dasarnya manusia suka bermewah-mewah. Orang-orang simpel lebih menyukai kado sederhana tapi punya makna. Nah, untuk tipe penerima kado seperti ini Anda disarankan membuat bungkus kado keempat.
Sediakan kantong dari kanvas. Supaya lebih cantik, beri coretan lembut menyerupai hati atau kalau tidak biarkan kanvasnya polos. Ikatlah bagian atas bungkus kado menggunakan tali yang warnanya sama ditambah kain. Baru kemudian rekatkan bunga yang sudah dibuat dari kain perca. Sederhana tapi enak dllihat bukan?

Mawar

Para perempuan kalem banyak menyukai mawar sebagai tema dalam kehidupan percintaan. Tidak banyak budget yang harus dikeluarkan untuk membuat kado bertema mawar. Masukkan saja barang pemberian ke dalam kotak. Carilah kotak (sebisa mungkin) warnanya merah muda atau krem yang jelas masih kalem.

Kunci dari keromantisan sebuah bungkus kado terletak pada tali yang dipasang. Begitu pula dengan ide keliima ini. Ikatlah kado menggunakan tali cokelat, lalu berikanlah mawar kecil di tengahnya supaya ada kesan romantis tapi tidak hypermanis. Kartu ucapan bisa ditaruh di atas kado dengan cara menyelipkan.

Kain dan Hati

kado kain hati 2

Pembungkus kado keenam ini adalah hasil dari kreativitas dan imajinasi yang bermain. Ternyata tidak perlu lama pusing memikirkan cara menghasilkan bungkus kado rumit tapi juga unik. Asalkan dua hal tadi bermain maka jadilah apa yang diharapkan. Seperti halnya kado dalam kain dan hati seperti ide keenam ini.

Tali cokelat, kantong kain berwarna cream satu buah, kain tebal atau kertas tebal yang digunting dalam bentuk hati harus ada sebelum proses pembuatan. Setelah memasukkan hadiah ke kantong kain, lipat lalu gulung kainnya. Ikatlah bungkusan tersebut menggunakan sabung tali bentuk hati, terakhir ikat mati bungkus kadonya atau dapat juga ditali simpul. Ingat, di sini kantong pembungkusnya yang berperan memberi nilai seni. Jadi pilihlah yang memiliki motif, jangan polos.

Kado dari Koran

kado bungkus koran

Bagaimana mungkin bahan semurah koran dapat membungkus barang mahal yang kesannya mewah? Kalau Anda penasaran bagaimana bisa, Anda dapat mencoba strategi ketujuh. Kado ini lebih cocok diberikan untuk orang introvert yang tidak suka keramaian.
Pertama, kadonya harus masuk dulu ke kardus. Kardus hadiah dibungkus menggunakan kertas warna cokelat. Kotak kemudian diikat memakai pita hitam putih. Sebuah mawar dari kertas koran ditaruh menggunakan lem di atasnya. Kartu ucapan diletakkan berdampingan dengan mawar dan dijamin anak introvert itu pasti akan tersenyum sebelum membuka bungkusnya karena ia merasa diistimewakan.

Botol

Kado dari botol

Apa jadinya kalau bungkus kado bukan lagi plastik atau kertas. Ide ke delapan memilih botol toples sebagai media pembungkusnya. Botol akan memberikan kesan mewah meskipun sebenarnya botolnya bekas minuman. Bukan hanya kaum wanita saja yang dirasa akan menyukai ide ini. Namun juga kerabat laki-laki.

Karena dimasukkan ke dalam botol toples bening, maka pastikan Anda memilih barang yang dapat masuk ke sana. Bagian luar toples diberi hiasan. Manfaatkanlah renda dari kertas warna-warni yang dipadukan dengan pita, tempelan-tempelan berbentuk hati dari kertas. Tempelan ini boleh dibentuk menjadi tulisan XOXO yang artinya pelukan atau ciuman. Jadi selain mewah, kadonya tetap bernilai romantis.

Main Kata

main kata

Ingin memerahkan pipi teman yang menerima kado? Anda harus menerapkan saran ke sembilan ini. Sederhana tapi pasti tak terlupakan. Bolehlah ide bungkus kado ini disejajarkan dengan kisah cinta Dilan – Milea. Di mana saat itu Dilan memberikan kado berupa teka teki silang yang sudah dijawab penuh semuanya. Di kartu ucapannya ditulisi ‘sudah aku isi semua biar kamu nggak pusing.’ Lucu bukan? Padahal sederhana lho.

Jadi sebuah barang yang akan Anda berikan boleh jadi mainstream. Tapi Anda membungkusnya dengan kata-kata acak yang jika dia sudah berhasil memecahkan teka-teki kata tersebut kalimat atau kata yang ditemukan akan bermakna. Misalkan ‘love’. Memang, untuk membuat bungkus kado seunik ini membutuhkan keterampilan edit gambar dan mengacak urutan-urutan huruf supaya tidak terlalu memakan waktu pemecahan lama. Sertakan beberapa tulisan lalu buatlah lingkaran di tulisan menggunakan bulatan-bulatan berwarna. Jika semua sudah selesai barulah dicetak menjadi kertas yang akan membungkus barang Anda. Jangan lupa memberi pita kalau penerimanya memang semanis itu.

Koran Ayu

Kado Bungkus Koran ayu

Berbeda dengan ide bungkus kado yang tadi. Koran ayu membantu pemanfaatan tumpukan koran bekas di rumah pelanggan koran. Ide ke sepuluh ini bernafas komedi. Anda bisa membungkus hadiah dengan lapisan kertas koran hingga banyak lapis supaya penerima hadiah semakin penasaran. Itu sih masih umum meskipun tetap membuat penerima kado merasa dikerjai.

Kali ini bungkus kado yang banyak tadi akan dipercantik menggunakan koran. Idenya disebut koran ayu karena hal itu tadi. Bagaimana cara mempercantik kado dari koran yang notabenenya harga murah? Mudah saja. Lapisilah kado yang sudah ada di dalam kotak dengan kertas koran. Di lain sisi Anda juga harus membuat bunga besar dari kertas koran. Kalau sudah jadi tempelkanlah beberapa potong pita mungil yang bentuknya sengaja diikat di atas bunga dari kertas koran tadi. Selain membuat geregetan, dari luar bungkusnya tetap ayu.

Bentuk Baju

Wah, ide ke sebelas memang anti mainstream. Anak-anak cocok diberi kado bentuk baju karena sangat lucu. Anda pun tidak perlu mengeluarkan banyak bahan untuk dapat menyelesaikannya. Cukup dengan double tape, gunting dan kertas kado saja Anda sudah dapat mempersembahkan mainan dalam balutan unyu seperti ini. Ikuti langkah pembuatannya berikut ini:

  1. Lipatlah tepi kertas kado sekitar 1 cm lalu beri double tapi di situ.
  2. Lekatkanlah tepian kertas kado ke atas sebagaimana orang melipat baju bagian bawah tapi besaran lipatan disesuaikan ukuran barang di dalamnya.
  3. Lipatlah lagi sampai di ujungnya membentuk segi tiga.
  4. Lekatkanlah alas kado dengan menampakkan bagian putih.
  5. Setelah isi kadonya masuk semua, kalem saja. Lipat lagi bagian atas sedikit saja supaya membentuk kerah.
  6. Guntinglah kanan dan kiri bungkus kado sedikit saja.
  7. Lipat lagi supaya benar-benar membentuk kerah kemeja dan lekatkan.
  8. Berilah hiasan berupa kancing atau dasi jika mau. Hiasan ini bisa dibuat sendiri dari kertas kado yang menunjukkan bagian warna putih.

Leave a Comment